Jumat, 21 Oktober 2016, 10:54

Mari Tingkatkan Page View (PV) Website Secara Natural

Keberhasilan sebuah website salah satu indikator penilaiannya adalah dengan menghitung jumlah kunjungan pembaca. Tingkat kunjungan pembaca ini biasa dibedakan menjadi tiga: visitor, unique visitor, dan pageview.

Visitor merupakan hitungan pengunjung yang mampir ke web kita dengan melihat alamat IP (Internet Protocol). Penghitungannya berdasar kunjungan yang dilakukan, jadi meskipun seseorang berkunjung beberapa kali dengan alamat IP yang sama, maka tetap dihitung.

Unique Visitor (UV), mirip dengan visitor, hanya saja yang dihitung ialah perbedaan alamat IP yang digunakan. Mudahnya, jika satu orang berkunjung dengan alamat IP yang sama, meskipun dilakukan di lain waktu, maka ia hanya akan dihitung sebagai satu unique visitor.

Pageview (PV), adalah jumlah halaman yang dibuka. Jika ada satu visitor yang berkunjung maka otomatis akan terbuka satu halaman 1 (1 PV), jika ia membuka artikel atau tulisan lain maka akan bertambah PV nya, dan seterusnya. Jadi satu pengunjung bisa menghasilkan lebih dari satu PV.

Beragam cara bisa kita gunakan untuk meningkatkan pageview, mulai dengan memilih judul artikel yang disukai mesin pencari (google dll.), konten yang terus di-update, membuat tampilan web yang serasi, maupun memanfaatkan media sosial.

Hindari Menggunakan Tombol F5

Salah satu trik meningkatkan Pageview ialah dengan melakukan refresh dengan menekan tombol F5. Meskipun tentu saja ini merupakan satu bentuk kecurangan. Karena Pageview yang dihasilkan tidak bersifat organik. Selain itu, menekan tombol F5 secara berulang juga bisa merusakkan fungsi dari CPU, untuk itu sebaiknya jangan melakukan refresh menggunakan tombol F5 berkali-kali, karena membuat CPU usage tinggi dan berdampak pada kerusakan CPU secara perlahan.

Untuk mengujinya Anda bisa melakukan percobaan sendiri.

Pertama, masuk ke Task Manager, Tekan "CTRL + Alt + Del", lalu pilih Task Manager.

Pilih Tab "Performance", perhatikan CPU Usage-nya.

Sekarang, coba refresh berulangkali menggunakan tombol F5 dengan posisi mouse di desktop. Maka CPU Usage akan mengalami peningkatan lebih besar.

Untuk itu mari tingkatkan pageview secara natural, yang termudah dengan membagikan postingan ke media sosial. Gunakan tombol share yang ada di bawah artikel.

Dari beberapa sumber

Eko Triyanto

Staf Inhum Kanwil Kemenag DIY

Pengelola www.ekotriyanto.com

Berita Lainnya
Selasa, 23 Agustus 2016, 11:00

5 Budaya Kerja Kemenag: Spirit Membangun Madrasah

Kamis, 4 Agustus 2016, 15:58

Syawal dan Momentum Revolusi Mental