PRAKTIK MANASIK HAJI MTsN 1 KULON PROGO 2018
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-09-25 -|- 04:37:00
oleh mtsn1kp

Sebanyak 155 siswa kelas IX MTsN 1 Kulon Progo mengikuti kegiatan manasik haji dengan pendamping dari dewan guru, pegawai , OSIS serta mahasiswa PPL KKN Universtas Alma Ata Yogyakarta. Kegiatan ini di laksanakan di lingkungan madrasah (Pemondokan-Arofah)-Komplek gedung Kesenian (Mina) dan Kompleks Masjid Agung Wates, Kulon Progo pada hari Selasa 24 September 2018. Kegiatan ini merupakan bentuk praktek dari mata pelajaran Fiqih yang disampaikan dalam materi tentang umroh dan haji.


Dra Hj. Rubinem selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa selain aspek keilmuan, materi ini juga banyak mengandung muatan pendidikan karakter untuk siswa. Setelah diberi teori di kelas tentang umroh dan haji, dilanjutkan dengan manasik haji di lapangan diharapkan bisa memberikan sedikit gambaran kepada siswa tentang gambaran riil pelaksanaan ibadah haji sejak dini. “Materi haji dan umroh adalah materi yang harus dikuasai siswa di kelas VIII,” terangnya.


Dra. Siti Muslimah.M.Pd.  selaku kepala madrasah menyambut positif dengan adanya kegiatan tersebut. Menurut beliau penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih memahami, mengerti dan praktik langsung melaksanakan syarat, rukun, wajib dan sunnah ibadah haji. Selain itu siswa menjadi lebih termotivasi sekaligus do’a bagi siswa untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. “Dengan manasik haji siswa dipahamkan tentang makna sai, tawaf, mabit, wukuf, lempar jumroh dan yang lainnya,” ujarnya. Imam berharap dengan adanya kegiatan manasik haji ini diharapkan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik sehingga siswa menjadi lebih tertib dalam beribadah baik di rumah maupun di madrasah. (hrm)


 

Bagikan Artikel