Wujudkan Pemilu Damai, Kemenag DIY Gelar Silaturahmi Ormas Islam Se-DIY
Kategori Berita | Diposting pada : 15 April 2019 | 16:17 WIB
oleh adminsuper

Yogyakarta (Inmas DIY) – Dalam rangka turut mewujudkan penyelenggaraan Pemilu yang aman dan damai, Kemenag DIY menggelar silaturahmi ormas Keagamaan Islam se-DIY. Kegiatan yang mengundang 20 ormas Islam tersebut berlangsung, Senin (15/4) di Aula Kantor setempat.


Kepala Kanwil Kemenag DIY, Drs. Edhi Gunawan, M. Pd.I. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kemenag DIY ingin berkontribusi dalam menciptakan kenyamanan dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini. Ia pun meminta, meskipun berhembus isu yang menyatakan terdapat kerawanan dalam Pemilu, namun hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan karena justru menimbulkan ketakutan di masyarakat.


“Adanya ancaman dan potensi konflik Pemilu 2019 kita tetap harus waspada, tetapi tidak perlu untuk dibesar-besarkan,” ungkapnya.


Sedangkan Ketua Panitia, Mukhlas, mengungkapkan silaturahmi ormas keIslaman se DIY, untuk turut menyukseskan Pemilu Tahun 2019. Menurut Muklas, Pemilu tahun ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya, karena dilaksanakan secara serentak. “Pemilu kali ini serentak untuk memilih, Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD DIY, DPRD Kabupaten/Kota, dan Anggota DPD,” ungkap Muklas.


Muklas menambahkan adanya potensi kerawanan dalam Pemilu tahun ini. Untuk itu ia berharap agar semua pihak bisa membantu menciptakan suasana yang kondusif.


Silaturahmi menghadirkan pembicara dari KPU, Ahmad Shidqi dan akademisi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Abdul Mustaqim serta dari MUI DIY. Dalam pemaparannya, Ahmad Shidqi menelaskan, Pemilu 2019 berlangsung di tengah masyarakat yang memasuki era post truth di mana fakta tidak terlalu berpengaruh dalam membentuk opini publik ketimbang emosi dan keyakinan personal. [eko]

Bagikan Artikel