Tokoh-tokoh Kunci Hadir dalam Sarasehan Alumni MAN 4 Bantul
Kategori Berita | Diposting pada : 13 Januari 2018 | 12:22 WIB
oleh man4bantul

Bantul (MAN 4 Bantul) - Agenda Harlah MAN 4 Bantul terasa lebih hidup dan meriah dengan adanya kegiatan sarasehan alumni. Acara yang dikemas pada Sabtu, (6/1) pagi ini terasa berkesan karena dihadiri oleh para tokoh  kunci yang berjasa dalam pengembangan madrasah. Kegiatan sarasehan berlangsung hangat mulai dari pukul 8.00 pagi hingga pukul 12.00. Kegiatan yang dibuka oleh Kakanwil Kemenag DIY, Drs. M. Lutfi Hamid, M.Ag., ini menampilkan beberapa pembicara yang pernah menjadi kepala madrasah MAN 4 Bantul.  Sementara itu moderator dipercayakan kepada Wardani, alumnus yang sekarang "mbahurekso" Majid Kampus UGM.


Tampil sebagai pembicara pertama adalah DR. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag yang merupakan mantan Kepala MAN Lab UIN Tahun Pelajaran 1998-1999. Saat ini beliau merupakan Dosen tetap Fakultas Tarbiyah di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam sambutannya DR. Zainal sangat bersyukur dan berterima kasih kepada MAN 4 Bantul yang telah memberikan kesempatan untuk menjadi pembicara sarasehan alumni yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Harlah MAN 4 Bantul ke-49. 


Selanjutnya DR. Zainal Arifin mengatakan, "Salah satu tolak ukur keberhasilan lembaga pendidikan adalah peran para alumninya, atau outcome-nya di masyarakat.  Peran mereka pun sangat dinantikan, terlebih madrasah yang menjadi tempat mengenyam pendidikan dan pengajaran. Pada umumnya secara emosional mereka tergerak untuk turut berkontribusi dalam memajukan almamaternya," ungkap Zainal dihadapan peserta sarasehan.


Masih kata Zainal Arifin memasuki abad 21 ini setiap lembaga pendidikan termasuk MAN 4 Bantul perlu mengembangkan model pendidikan dan pembelajaran yang sesuai kebutuhan pada abad 21. Model pembelajaran ini dikenal dengan istilah "21st Century Partnership Learning Framework". "Terdapat beberapa kompetensi dan keahlian yang harus dimiliki oleh Sumber Daya Manusia (SDM) menuju abad 21 yang salah satunya yaitu kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills)," kata Zainal Arifin menutup sambutanya.


Kegiatan Sarasehan alumni semakin hangat dan penuh kekeluargaan dengan hadirnya beberapa mantan Kepala Madrasah seperti, Drs. H. Zainal Abidin, M.Pd, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd yang saat ini menjabat sebagai Kepala MAN 1 Yogyakarta, Kepala MAN 1 Sleman dulu MAN Godean  Drs. Ulul Ajib, M.Pd,  dan Drs. Syarfini  guru MAN 3 Sleman. Selain mantan kepala hadir juga beberapa mantan guru dan alumni-alumni dari berbagai angkatan.


Adapun hasil rekomendasi dari kegiatan sarasehan yaitu, membentuk yayasan alumni yang diharapkan dapat mendukung program madrasah jangka menengah dan jangka panjang demi kemajuan MAN 4 Bantul. "Alhamdulillah kegiatan sarasehan alumni berjalan lancar, semoga silaturahmi tetap terjaga," ungkap DR. Chibanu Aslam yang telah menghubungkan semua alumni sehingga terlaksananya kegiatan sarasehan alumni ini. (rif/ica)

Bagikan Artikel