Tanamkan Pendidikan Karakter, MAN 5 Sleman Sambut Siswa di Pagi Hari
Kategori Berita | Diposting pada : 09 November 2018 | 08:53 WIB
oleh man5sleman

Sleman – (MAN 5 Sleman) Untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan dan pendidikan karakter  bagi siswa, dapat dilaksanakan di manapun dan kapanpun, baik di dalam maupun di luar kelas. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan MAN 5 Sleman dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan dan pendidikan karakter yaitu dengan penyambutan siswa-siswi pada pagi hari.


Dengan senyum, sapa, dan salam guru-guru menyambut anak didiknya di depan pintu gerbang madrasah, dengan harapan terbangunnya suasana harmonis dan nyaman sehingga tercipta suasana yang kondusif dilingkungan madrasah. Menyambut siswa juga memberikan suri tauladan yang baik bagi anak didik agar tepat waktu datang ke sekolah. Sebelum siswa datang guru telah berada di sekolah, itu juga menandakan bahwa guru telah siap untuk membagi dan mentransfer ilmu kepada anak didiknya.


Setiap pagi ada sekitar 8 guru yang bertugas untuk menyambut kedatangan siswa dan bergantian tiap harinya. Disamping menyambut siswa dengan senyum, sapa, dan salam juga diguanakan untuk memantau kedisiplinan dan kerapian siswa dalam berpakaian serta memotivasi para siswa agar giat dan tekun dalam belajar. Dalam penyambutan siswa ini, bila ada anak yang kurang rapi dalam berpakaian atau kurang lengkap mengenakan atribut madrasah, guru akan langsung menegur atau merapikannya.


Kepala MAN 5 Sleman Drs. Aris Fu’ad menyampaikan dengan kegiatan tersebut akan menciptakan rasa hormat siswa terhadap guru dengan tetap mengedepankan kedisiplinan para siswa. “Dengan penyambutan ini, siswa merasa lebih dihargai, penyambutan siswa akan terus dilakukan setiap hari dengan petugas piket secara bergantian agar keharmonisan dapat terus terjaga. Semoga dengan kegiatan ini menjadikan MAN 5 Sleman lebih mampu menerapkan kedisiplinan bagi para siswa,” tutur Aris Fu’ad


Terpisah Munji Jakfar, S.Pd,I, M.Pd.I selaku Ketua Tim Tata Tertib menjelaskan penyambutan siswa dengan  bersalaman di lakukan setiap hari. Tujuannya  di samping untuk memantau kedisiplinan dan kerapian siswa dalam berpakaian, juga dalam rangka untuk mewujudkan sebagian dari program pemerintah pusat yaitu sekolah ramah anak. Tidak sekadar bersalaman, tetapi juga mendoakan setiap siswa supaya menjadi anak pintar, sholeh dan sholehah," jelasnya


Munji Jakfar menambahan kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan pendidikan karakter ramah dan santun.  Pembiasaan karakter semacam ini harapannya bisa dibawa ketika berada di mana saja setiap kali ketemu dengan orang lebih tua agar lebih santun dan ramah. Kebiasaan menyambut siswa dengan bersalaman setiap pagi hari dapat membangun keakraban sehingga belajar lebih terasa  nyaman.


Salah seorang siswa, Andeka Putri Juniarti (XI IPS 2) mengatakan dengan disambut senyum, sapa dan salam dari guru merupakan motivasi yang tinggi untuk menimba ilmu di MAN 5 Sleman. “Dengan penyambutan ini membuat saya lebih dihargai dan menabah rasa hormat dan bangga dengan bapak dan ibu guru,” ungkap Putri sapaan akrabnya.

Bagikan Artikel