Syawalan MAN 3 Bantul: Momentum Tepat Tingkatkan Kualitas Madrasah
Kategori Berita | Diposting pada : 11 Juli 2018 | 22:11 WIB
oleh man3bantul

Bantul (MAN 3 Bantul)–MAN 3 Bantul mengadakan acara Syawalan di halaman madrasah, Ahad (8/7). Acara tersebut selain dihadiri seluruh keluarga guru dan pegawai yang masih aktif bertugas  juga dihadiri guru/ pegawai yang sudah purna tugas maupun yang sudah pindah tugas. Acara diisi sambutan kepala madrasah dan juga kepala Tata Usaha. Selain itu juga diisi hikmah Syawalan oleh KH. Muslih Nahrowi dari Bantul dengan mengambil tema implementasi makna Syawalan dalam kehidupan.


Kepala madrasah, In Amullah MA dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan rasa syukur atas kehadiran keluarga besar MAN 3 Bantul dalam syawalan tersebut. Diharapkan dengan syawalan tersebut akan menjadi moment tepat untuk bangkitnya kejayaan MAN 3 Bantul. “Dengan kembalinya kita menjadi suci di bulan syawal ini, tentunya akan semakin meningkatkan kinerja dan insya Allah akan dimudahkan dan dilancarkan meraih prestasi untuk menjadikan MAN 3 Bantul semakin berjaya,” ungkapnya.


Sementara itu kepala Tata Usaha Yuni Kriswati SH MM menyampaikan pelaksanaan syawalan juga menjadi ajang silaturahim diantara keluarga besar madrasah sehingga diharapkan dengan terjalinnya ikatan kuat dan erat dari eluruh keluarga besar madrasah mampu menjadi modal penting untuk meraih kesuksesan madrasah kedepannya. Yuni menambahkan acara syawalan juga menjadi ajang pembinaan bagi ASN di lingkungan MAN 3 Bantul mengingat tugas ASN memerlukan persiapan dan juga tanggung jawab yang tidak mudah dan perlu dukungan dari keluarga dan lingkungan.


Dalam uraian hikmah Syawalan, Muslih berpesan dalam tausiyahnya tentang pentingnya melestarikan amalan Ramadan dalam kehidupan sehari hari. Disamping itu juga menerangkan makna Syawalan secara harfiah maupun secara umum. Syawalan yang identik dengan makna peningkatan, adalah meningkat dalam kinerja maupun dalam ibadah termasuk meningkat dalam kualitas madrasah mengingat semua yang hadir adalah keluarga besar MAN 3 Bantul. Peningkatan mutu madrasah perlu adanya peran aktif orang tua dalam mendidik dan membina putra putrinya di rumah. Kerjasama yang baik serta terjalinnya silaturahim antara madrasah dengan orang tua/ wali siswa akan sangat mendukung tercapainya peningkatan madrasah sebagaimana diharapkan. Muslih mengakhiri tausiyah dengan melantunkan doa.


Acara diakhiri dengan saling berjabat tangan  diantara keluarga besar MAN 3 Bantul dan dilanjutkan ramah tamah sambil menikmati makan siang bersama. (lif)

Bagikan Artikel