Studi Kampus, Cara Ampuh MAN 4 Bantul Perluas Cakrawala Siswa
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-11-15 -|- 08:50:00
oleh man4bantul

Bantul (MAN 4 Bantul) - Wacana perkuliahan di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bantul menjadi bahan pembicaraan yang menuntut kompetensi peserta didik. Wawasan perkuliahan bagi peserta didik di kalangan MAN 4 Bantul adalah modal utama yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas XII untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Merupakan  agenda rutin tahunan MAN 4 Bantul dalam mempersiapkan peserta didik kelas XII ke jenjang perkuliahan dengan mengagendakan studi kampus.


Berkenaan dengan hal tersebut tim Bimbingan Konseling (BK) madrasah  yang diketuai oleh Andri Effriadi melaksanakan studi kampus dengan tujuan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Peserta studi kampus terdiri dari seluruh peserta didik kelas XII sejumlah 131 dan guru pendamping sebanyak 14 orang.


Selaku guru BK dan juga koordinator kegiatan studi kampus, Andri Effriadi mengungkapkan  bahwa tujuan kegiatan ini agar peserta didik memiliki wawasan tentang perguruan tinggi negeri serta mengetahui jurusan apa yang bisa dipelajari juga mengenal prospek kerja. "Kami berharap dengan kunjungan ini peserta didik bisa mengetahui lebih jelas tentang tata cara prosedur masuk perguruan tinggi," ungkap Andri.


Kepala madrasah Mohamad Yusuf, S.Ag melepas langsung keberangkatan kegiatan studi kampus tersebut menyampaikan rasa bersyukur atas terlaksananya program pengenalan kampus kepada seluruh peserta didik  kelas XII. Menurut Yusuf kegiatan tersebut sangat bermanfaat serta dapat menjadi  bekal pengetahuan peserta didik kelas XII. Selanjutnya masih kata Yusuf, "Pada kegiatan studi kampus ini diharapkan bisa menjadi pengetahuan dasar peserta didik tentang proses apa yang harus dipersiapkan peserta didik agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi yang dipilih serta bisa  menentukan jurusan apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan,  dan yang utama dapat memotivasi tentang pentingnya menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi untuk kesuksesan dimasa depan."


Humas UNY Dedy Herdito, MM didampingi oleh staf humas Ratna Ekawati yang menyambut saat di UNY. Selanjutnya selaku humas Dedy  menyampaikan selamat datang dan bersyukur serta ucapan terima kasih kepada MAN 4 Bantul  yang telah memilih Kampus UNY untuk kegiatan studi kampus. Dalam kesempatan tersebut Dedy memaparkan tentang semua jurusan yang tersedia di UNY secara umum termasuk prosedur pendaftaran serta fasilitas bea siswa yang tersedia. Selaku Humas Dedy juga menjelaskan bagaimana proses masuk ke universitas melalui berbagai jalur yang telah ditentukan baik dari pemerintah pusat maupun dari jalur mandiri, kemudian penjelasan mengenai fakultas dan jurusan apa yang tersedia, bahkan tidak ketinggalan tentang kegiatan pengembangan diri yang bisa dilakukan oleh mahasiswa melalui UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Kegiatan diakhiri tanya jawab oleh siswa, guru pendamping dan dipandu langsung oleh Dedy.


Alhamdulillah kegiatan studi kampus berjalan lancar dan tepat pukul 11.00 WIB seluruh peserta kegiatan studi kampus melanjutkan kegiatan wisata ke Tebing Breksi Piyungan Prambanan. (ica)

Bagikan Artikel