Siswa MTsN 3 Bantul Panen Kangkung Hidroponik di Madrasahnya
Kategori Berita | Diposting pada : 06 Desember 2018 | 13:39 WIB
oleh mtsn3bantul

Giriloyo (MTsN 3 Bantul) – Kreativitas dan inovasi pembelajaran di era milenial sekarang ini sangat diperlukan dalam kegiatan di sekolah atau madrasah. Wujud dari kreativitas dan inovasi itu harus dilakukan oleh guru yang membimbing dan mendidik para siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Kegiatan yang kreatif dan inovatif cenderung menarik perhatian siswa bahkan anak-anak bisa diajak untuk melaksanakan pembelajaran secara kontekstual agar siap diaplikasikan dalam kehidupan nyata.


Demikian yang dilakukan oleh guru IPA MTsN 3 Bantul Puji Lestari, S.Pd. dalam pembelajaran IPA di kelas IX. Walaupun siswa kelas akhir di madrsah tsanawiyah itu akan segera memasuki gerbang ujian nasional, namun menyadari bahwa para siswa juga akan lulus dari madrasah, maka Puji melakukan program pembekalan berupa penanaman kangkung hidroponik. Waka Kurikulum madrasah hijau Giriloyo itu memprogramkan praktik IPA tersebut bagi para siswa kelas IX dalam konteks pembelajaran IPA.


Pada Kamis (6/12) salah seorang siswa kelas IX Dhuha Rizka telah berhasil melaksanakan tugas IPAnya dengan menanam kangkung di hidroponik dan berhasil memanen kangkung tersebut. Terlihat rasa bangga siswa yang sudah berhasil melakukan penanaman hidroponik di madrasahnya dengan harapan apa yang telah dilakukannya itu bisa diterapkan di rumahnya. Demikian bentuk kreativitas dan inovasi pembelajaran yang diterapkan di MTsN 3 Bantul oleh guru IPA madrasah. (ist)


 

Bagikan Artikel