Siswa MAN 2 Sleman Juara Aritmetika
Kategori Berita | Diposting pada : 14 September 2018 | 14:22 WIB
oleh man2sleman

Sleman ( MAN 2 Sleman )- Tiga siswa MAN 2 Sleman ,Sultan Alta Alvaro Valencia, siswa kelas X IPA 1,M.Ulin Nuha, M. Samsul Arifin Bakri, siswa kelas X MIPA 2, dan  M.Ulin Nuha, siswa kelas X MIPA 3 pada hari Ahad ( 9/9 ) bersama 402 siswa se- Jawa mengikuti Lomba Aritematika Se-Jawa jilid VII yang diselenggarakan oleh FKIP FMIPA UNS, Solo. Sultan Alta Alvaro Valencia bisa meraih ranking ke- 4 atau juara harapan 1 , sedangkan  M. Samsul Arifin Bakri masuk di 10 besar dan M.Ulin Nuha masuk nominasi 20 besar.


“Melihat jumlah peserta dan sekolah /madrasah yang ikut, kebanyakan berasal dari sekolah bukan madrasah, maka bersyukur madrasah bisa bersaing dengan sekolah. Kita lihat , peringkat 1 diduduki oleh SMA Kristen Tri Tunggal, peringkat ke- 2 dari SMA Taruna Nusantara Magelang, peringkat 3 dari SMAN 3 Semarang, dan MAN kita, MAN 2 Sleman menduduki peringkat ke- 4. Peringkat ke- 4 dari 402 dan berasal dari madrasah bukan sekolah. Alhamdulillah, kita bersyukur, dan untuk yang akan datang ,kita persiapkan lebih baik, semoga prestasi bisa meningkat, Aamiin. “, demikian Ali Asmu’i, S.Ag, M.Pd., kepala MAN 2 Sleman menganalisis.


Ketika ditanya tentang Aritmetika - Arif Susanto, S.Pd, guru matematika memberitahukan ,cabang ilmu matematika ada aritmetika, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan geometri.  Aritmetika (kadang salah dieja sebagai aritmatika) dari kata bahasa Yunani arithnos = angka atau dulu disebut ilmu hitung merupakan cabang (atau pendahulu) matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Oleh orang awam, kata “aritmetika” sering dianggap sebagai sinonim dari teori bilangan. Materi yang dikompetisikan pada lomba tersebut meliputi teori bilangan, aljabar, geometri dan kombinatorika, mas Arif menambahkan.


“ Sultan Alta, Samsul dan Ulin mempunyai bakat di bidang Aritmetika dan Geometri, juga Kotijah Kubro, kelas X MIPA 3. Latihan yang terus menerus akan bisa meningkatkan keterampilan mereka dalam menyelesaikan soal , sehingga saya berharap mereka bisa meraih peringkat puncak dalam event- event lomba matematika . “, mas Arif  berharap optimis.(fit )

Bagikan Artikel