Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 dan 2 Lomba Puisi Bahasa Perancis di UGM
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-11-14 -|- 10:21:00
oleh man1yk

Yogyakarta(MAN 1 )-Program Studi Bahasa MAN 1 Yogyakarta dalam penguasaan bahasa asing patut diperhitungkan. Baru-baru ini, 2 siswanya menjuarai lomba baca puisi Bahasa Perancis yang selenggarakan A La France  Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada(UGM), selama dua hari( 10-11 November 2017) kemarin, di PKKH UGM Yogyakarta. Kedua siswa itu, Noviana Lestari meraih juara 1 dan Pramudya Arya Wibowo meraih juara 2.


Saat ditemui Novi, demikian sapaan akrab Noviana Lestari, mengatakan, sangat senang dan bersyukur, ia mampu meraih juara 1 dalam perlombaan ini. Prestasi ini lanjutnya, akan semakin memotivasi dirinya untuk mendalami Bahasa Perancis.  


Bahasa Perancis yang mempunyai banyak keunikan, bahkan mungkin banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mempelajarinya. Namun hal itu tidak berlaku bagi Novi. Menurutnya, semua kesulitan itu akan teratasi dengan ketekunan.


“Bahasa Perancis itu sangat unik karena antara penulisan dengan pelafalan sangat berbeda. Namun tidak ada yang sulit jika mau terus belajar. Tidak hanya belajar vocabulaire, grammaire, dan prononciation,”ujarnya


“Supaya tidak jenuh belajar budaya negara tersebut juga diperlukan karena sangat menyenangkan,”imbuh siswi yang telah memiliki sertifikat Bahasa Prancis DELF A1 langsung dari Pemerintah Prancis itu.


Sementara itu, Pembimbing dan Guru Bahasa Perancis Sulistyaningsih, S.Pd mengingatkan, agar kedua siswa tersebut tidak merasa puas dengan prestasi yang sudah diraih. “Terus belajar agar selalu berprestasi,”ujarnya.


Guru Bahasa Perancis yang akrab disapa Sulis itu juga berharap, agar keduanya tetap rendah hati dan selalu mengingat Allah dengan meningkatkan ibadah. “Semoga ke depannya prestasinya semakin meningkat, dengan terus menerus belajar bahasa Perancis,”pungkasnya. (me/dzl)


 

Bagikan Artikel