Siapkan Peningkatan Kinerja MAN 2 Yogyakarta Adakan Studi Banding
Kategori Berita | Diposting pada : 09 November 2018 | 09:12 WIB
oleh man2yk

Yogyakarta (MAN2YK)- Keinginan untuk dapat merealisasikan akreditasi perpustakaan mendorong Kepala MAN 2 Yogyakarta mengirim utusan tim perpustakaan melakukan studi banding sebagai langkah awal mempersiapkan berbagai hal. Diharapkan hasil studi banding mampu meningkatkan kinerja terlebih mengembangkan kompetensi profesionalitas pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan. Pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan studi banding ke MAN 1 Surakarta oleh tim pengelola asmara dengan peserta Kepala Madrasah, Kanit Asrama, Waka Kurikulum, Waka Humas dan Kepala TU beserta staffnya pada Selasa (06/11).


Kegiatan studi banding perpustakaan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pertama melakukan studi banding ke SMA Negeri 2 Bantul Selasa (06/11) dan hari kedua Rabu (07/11) ke MAN 3 Yogyakarta. Rombongan yang terdiri dari 3 tim yaitu tim Perpustakaan, tim Gerakan Literasi Sekolah ( GLS) dan tim IT memanfaatkan kesempatan untuk saling bertukar informasi terkait pengelolaan perpustakaan. Dari hasil kunjungan dapat disimpulkan bahwa pengelolaan perpustakaan harus mengutamakan asas manfaat. Disamping itu sinergitas harus dijalin dengan semua pihak untuk saling menguatkan dan menciptakan energi yang besar. Adapun mengikuti event perlombaan adalah sebuah cara untuk memacu diri agar terus berbenah dan kompetitif memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua pengguna jasa perpustakaan.


RUA.Zainal Fanani,M.Prac.NLP selaku narasumber dan konsultan perpustakaan mengatakan “ perpustakaan sekolah/ madrasah harus memiliki daya tarik yang kuat terutama bagi siswa. Siswa harus merasa keberadaanya diakui sebagai jiwa muda yang diperhatikan dan dipenuhi rasa keingintahuannya, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan minat baca,” jelasnya. Tidak kalah pentingnya adalah cara membawa diri pengelola perpustakaan menjadi unsur yang harus diperhatikan. Ramah dan peduli pada pengunjung akan memberikan rasa nyaman dan terpenuhi kebutuhan akan layanan perpustakaan.


Sementara itu Afwan Suhaimi D.R,S.Pd selaku kepala perpustakaan MAN 2 Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak MAN 3 Yogyakarta maupun SMA N 2 Bantul karena rombongan sudah diterima dengan baik dan mendapatkan banyak informasi sebagai bekal untuk lebih meningkatkan kinerja dan layanan perpustakaan.( Diw)

Bagikan Artikel