Serunya Ice Breaking Game dalam Kegiatan Outbond Siswa Manembayo
Kategori Berita | Diposting pada : 13 Februari 2018 | 18:03 WIB
oleh man4bantul

Bantul (MAN 4 Bantul) - Ice Breaking merupakan segmen pendahuluan dari kegiatan outbound yang bertujuan untuk peleburan. Seperti namanya, yang berarti pemecah kebekuan, permainan ini berguna untuk menghilangkan ketegangan peserta. Tujuannya adalah menstimulus antusiasme (pemanasan) bagi peserta, agar siap mengikuti seluruh kegiatan berikutnya. Ice breaking biasanya diisi dengan beberapa permainan yang mengundang tawa, namun tetap mengajak pesertanya untuk berkonsentrasi mengikuti arahan dari instruktur.


Demikian yang dilakukan oleh 131 siswa kelas XII MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) dalam opening acara outbond pada hari Selasa (13/2) di Pakem Sari Sleman. Kegiatan pembuka berupa ice breaking tersebut mampu merefleksi karakter dan melatih konsentrasi seluruh peserta outbond bahkan membangun karakter mereka. Mulai dari pembentukan kelompok secara dinamis dilanjutkan dengan variasi permainan kooperatif memperlihatkan karakter asli para peserta outbond.


Kegiatan outbond bagi siwa Manembayo ini bekerjasama dengan Team dari Cakra Buana Adventure yang dipimpin oleh Septian Nunung, S.H. Septian merupakan Project Leader atau Master Trainer  merupakan alumni MAN 4 Bantul yang saat itu masih bernama MAN Lab UIN Yogyakarta. Selaku Master Trainer, Septian mengatakan bahwa, tujuan kegiatan Ice Breaking adalah untuk menciptakan suasana happy bagi siswa, supaya tidak stress menghadapi UNBK yang akan datang dan yang utama mempererat tali persaudaraan sesama teman.


Kegiatan Ice Breaking mendapat sambutan meriah dari seluruh siswa, karena dianggap kegiatan ini selain positif juga memberikan pembelajaran untuk selalu konsentrasi dengan perintah yang diberikan oleh instruktur. Permainan Ice Breaking pada kegiatan outbond kali ini yaitu permainan yang menuntut kerjasama dan penuh konsentrasi.


Terlihat seru dan kekompakkan antar kelompok pada saat Ice breaking, karena bila dalam satu kelompok ada yang membuat kesalahan maka langsung mendapat hukuman sesuai kesepakatan.  Salah satu siswa peserta outbond Wahyu Anggara yang pernah menjabat sebagai ketua OSIS MAN 4 Bantul memberi komentar bahwa, kegiatan outbond  luar biasa menginspirasi kami semua sebagai siswa untuk selalu bekerja keras, tidak mudah menyerah, kerjasama, tanggungjawab dan disiplin serta tidak ceroboh. Semoga dengan kegiatan refresing menjelang UNBK ini dapat menjadikan kami semua semakin mempunyai rasa tanggung jawab serta rasa percaya diri dengan kemampuan yang ada. (ica)

Bagikan Artikel