Review dan Pengembangan Kurikulum, MAN 3 Bantul Selenggarakan Workshop
Kategori Berita | Diposting pada : 11 Juli 2018 | 23:12 WIB
oleh man3bantul

Bantul (MAN 3 Bantul)–Mengawali tahun pelajaran 2018/2019, MAN 3 Bantul melaksanakan workshop review dan pengembangan kurikulum MAN 3 Bantul tahun pelajaran 2018/2019, Selasa, Rabu dan Jumat (10,11,13/7) di aula madrasah dengan diikuti seluruh guru pegawai MAN 3 Bantul.


Workshop bertujuan untuk mereview kurikulum yang telah disusun dan dilaksanakan pada tahun pelajaran sebelumnya dimulai dari BAB 1 yakni Pendahuluan, BAB II tentang Visi Misi dan BAB III tentang Kurikulum MAN 3 Bantul. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok guna membahas ketiga bab tersebut. Selain mereview ketiga bab, peserta dalam setiap kelompok juga melakukan usulan dan tambahan ide ide guna pengembangan kurikulum untuk bisa dileksanakan tahun depan dan dalam rangka pengembangan madrasah.


Agenda Workshop hari Selasa meliputi Telaah Kurikulum dan penyusunan Kurikulum dengan pembahasan melalui kelompok yang telah ditentukan dengan pembahasan sesuai tugas yang telah dibagi. Sedangkan Rabu (11/7) peserta workshop melakukan penyusunan dan pengembangan kurikulum secara berkelompok dan diakhiri presentase dari hasil kerja kelompok guna menyempurnakan pengembangan kurikulum yang telah disepakati dari setiap kelompok.   Hasil dari presentase didiskusikan oleh peserta workshop guna melengkapi dan menyempurnakan sehingga bisa diterapkan dalam pembelajaran tahun 2018/2019.


Usulan dan masukan guna penyempurnaan kurikulum disampaikan dari peserta workshop melalui diskusi yang dipimpin langsung oleh waka kurikulum Syaefulani MPd. Sesi diskusi lebih banyak membahas BAB III yakni tentang kurikulum MAN 3 Bantul, tampak banyak guru yang memberikan masukan dan juga perbaikan sehingga diharapkan kurkulum yang akan menjadi acuan dalam tahun pelajaran 2018/2019 semakin sempurna.


Agenda workshop hari ke-3 (Jumat, 13/7) adalah  Uji Publik KTSP dengan menghadirkan nara sumber Kasi Dikmad Kabupaten Bantul, Drs Rohyadi MA, Pengawas Kabupaten Bantul, H Samingan MPd I dan Drs Abdul Mujib yang akan memberikan tanggapan atas KTSP yang telah disusun.


Menurut Syaefulani MPd selaku ketua panitia menyampaikan  pelaksanaan workshop merupakan agenda yang sudah diprogram sejak awal mengingat pentingnya revisi dan penyempurnaan kurikulum dan juga uji publik KTSP yang akan digunakan sebagai dasar dalam proses pelaksanaan pendidikan di suatu sekolah/ madrasah. “Dengan perencanaan dan persiapan yang matang dan tepat serta penerapan kurikulum sesuai standar akan memperlancar dan mempermudah dalam meraih visi misi madrasah,” ungkapnya. Workshop diakhiri dengan perumusan Rencana Tindak Lanjut (RTL). (lif)

Bagikan Artikel