Plt. Kakankemenag Sleman : 8 Prinsip Raih Sukses
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-07-18 -|- 04:33:00
oleh man1sleman



Sleman (MAN 1 Sleman) – Panjang pendeknya umur  suatu negara bukanlah penentu kemajuan dan kemakmuran.  Suatu negara menjadi miskin atau makmur bukan ditentukan oleh berapa panjang umurnya.  Bukan pula ditentukan sumberdaya alam yang dimiliki.  “India dan Mesir berumur lebih dari 2000 tahun, namun mereka tetap miskin.  Sementara New Zealand dan Singapura kurang dari 150 tahun, tetapi mereka kaya raya makmur.  Sumberdaya alam melimpah tak menjamin kemakmuran.  Negara Swiss tak memiliki perkebunan, tetapi menjadi produsen coklat terbesar di dunia.  Jepang 20% tanah bisa ditanami, namun menjadi negara industri besar. Apa membuat mereka  makmur? Perilaku masyarakatnya! Ya, perilaku dan sikap hidup yang dibentuk sepanjang tahun melalui pendidikan dan kebudayaan,” terang Drs. H. Abdul Haris Nufika,M.Pd Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kemenag Sleman di depan peserta masa ta’aruf siswa MAN (Mastaman) Senin (17/7) di aula MAN 1 Sleman.


Masyarakat negara maju, lanjut Haris,  ternyata memiliki sikap hidup beretika sebagai prinsip dasar sehari-hari, kejujuran dan integritas, bertanggung jawab, hormat pada aturan & hukum masyarakat.  “Selain itu,  hormat pada hak orang/warga lain, cinta pada pekerjaan, berusaha keras untuk menabung & investasi, mau bekerja keras dan tepat waktu.  Kalau ingin sukses prinsip kerja keras harus kalian laksanakan,” pesannya.  Lingkungan sekitar yang kita jaga, kita harus memiliki kepedulian.  Lingkungan pun akan “mendo’akan” kita untuk hidup mulia dan sukses.  Haris juga memberi tantangan kepada siswa baru serta beberapa tayangan motivasi


Mustaman diikuti 192 siswa baru MAN 1 Sleman dengan kegiatan pra acara selama 3 hari dengan acara inti 3 hari.   Pemateri di antaranya kepala madrasah dan para wakilnya, Plt. Kan Kemenag Sleman, Koramil dan Polsek, BNN serta jajaran Komando Resort Militer Godean.  “Kepada siswa baru kami ucapkan selamat bergabung dengan MAN 1 Sleman, saatnya mulai perjalanan panjang untuk meraih prestasi untuk masa depan.  Tiga tahun kedepan, gunakan fasilitas dan program yang ada seoptimal mungkin untuk meraih keberhasilan,” tegas Drs. H. Ulul Ajib,M.Pd, Kepala Madrasah, saat membuka acara.  Pembukaan secara resmi ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pelepasan balon udara.  Kegiatan berlangsung mulai Senin – Rabu (17-19/7).


Materi Mastaman diantaranya pengenalan lingkungan kampus, tata tertib, pengenalan pamong, pembinaan mental, bebas narkoba, baris berbaris, motivasi dan lainnya.  “Dengan kegiatan ini mereka akan lebih siap untuk menuntut ilmu di MAN 1 Sleman.  Bukan hanya lingkungan namun juga sistem yang diberlakukan harus dikenal agar semua proses pembelajaran bisa berlangsung sesuai harapan.  Semua dilaksanakan dengan nuansa riang gembira, tak ada perploncoan,” jelas H. Anis Syafa’at,S.Ag.,M.Pd.I ketua panitia didampingi pengurus OSIS. (eds)

Bagikan Artikel