Penulisan Berita Harus Perhatikan Kaidah Jurnalistik
Kategori Berita | Diposting pada : 16 Mei 2018 | 12:44 WIB
oleh prihono

Kulon Progo (Kankemenag) – Penulisan berita harus perhatikan kaidah jurnalistik. Setidaknya harus memuat unsur what, who, when, where, why dan how (5W+1H). Drs. H. Heru Purwata menyampaikan hali itu saat menjadi Narasumber Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung di Aula Riptaloka Kankemenag Kulon Progo, Rabu (16/5) siang.


“Kaidah penulisan ini harus diperhatikan dalam setiap penulisan berita. Gunanya untuk memberikan informasi yang benar dan lengkap kepada khalayak. Berita juga akan lebih mudah dipahami oleh pembaca,” ungkap Heru.


Sementara itu dalam pengumpulan fakta atau sumber berita harus dipersiapkan dengan matang. “Bagaimana kita menemukan peristiwa, narasumber, menyusun pertanyaan, melalukan wawancara dan membuat jalan cerita. Selanjutnya kita juga harus banyak membaca literatur untuk menambah pengetahuan dan yang terakhir melakukan kroscek kepada narasumber atas berita yang kita tulis,” tambahnya.


Sedangkan pemateri lainnya, Purdiyanto menjelaskan tentang pengelolaan website. Dia menjelaskan tentang proses memasukkan materi berita ke website. Selain itu, untuk memperoleh tampilan yang baik diperlukan gambar yang bermutu. Sehingga Purdiyanto juga memberikan materi tentang penggunaan Corel Draw.


Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta dari Kankemenag Kulon Progo, KUA dan Madrasah Ibtidaiyah.  (abi)

Bagikan Artikel