Pengajian Manembayo Bahas Hak Muslim Atas Muslim Lainnya
Kategori Berita | Diposting pada : 11 Februari 2019 | 16:35 WIB
oleh man4bantul

Bantul (MAN 4 Bantul)  Pada hari Senin minggu kedua di setiap bulan, MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) memiliki agenda pengajian yang mengundang pembicara dari luar Manembayo. Kegiatan pengajian dilaksanakan di antara tadarus al-Qur’an pagi dan sebelum pelajaran dimulai.


Pada hari Senin (11/02) Manembayo mengundang ustadz Syamsuri Al-Huda pengasuh Pondok Pesantren Al-Fadhilah Yogyakarta. Dalam ceramahnya ia mengutip sebuah hadits Nabi yang menjelaskan tentang hak-hak musli atas muslim lainnya. “Ada 6 hak muslim yang harus dipenuhi muslim lainya: 1. Apabila bertemu ucapkanlah salam, 2. Apabila diundang penuhilah, 3. Apabila minta nasehat berilah, 4. Apabila sakit jengukklah, 5. Apabila meninggal iringilah jenazahnya,” kata Syamsuri.


Peserta didik Manembayo mendengar ceramah dari kelas masing-masing. Sedangkan pembicara berceramah di depan ruang guru menggunakan pengeras yang tersentral ke semua kelas. Pengajian seperti ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi peserta didik Manembayo diluar buku mata pelajaran serta dapat memberikan siraman rohani yang akan membuat mereka semakin taat beribadah. (uun)

Bagikan Artikel