Pemilos MAN 2 Sleman ,Sebuah Pembelajaran Demokrasi
Kategori Berita | Diposting pada : 14 September 2018 | 11:23 WIB
oleh man2sleman

Sleman (MAN 2 Sleman )- Pada hari Jum’at ( 14/9 ) usai melakukan kegiatan jalan sehat pada program Jum’at Sehat, seluruh siswa , guru, dan pegawai MAN 2 Sleman melaksanakan kegiatan Pemilos ( Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ) untuk mengambil suara.


 “Calon ketua OSIS dipilih dari pengurus OSIS kelas XI, dan untuk wakil ketua OSIS dipilih dari calon pengurus OSIS kelas X. Ada 3 calon ketua dan ada 3 calon wakil ketua yang  bisa dipilih pada hari ini. Para pemilih mendapatkan kartu yang berisi tanda gambar calon ketua dan wakil ketua. Para pemilih kemudian mendatangi bilik untuk mencoblos  gambar yang dipilih, bukan di contreng.”, demikian penjelasan Endang Siti Kamariyah dan Shifaya, pengurus OSIS kelas XII ,ketika ditanya.


“Bagi siswa yang ingin menjadi pengurus OSIS,harus mendaftar dan melalui seleksi terlebih dahulu. Tahun ini jumlah pendaftar ada 86 siswa dan yang terpilih ada 30 siswa. Syarat untuk menjadi pengurus OSIS harus bisa ‘public speaking’, kreatif, sopan , bertanggungjawab ,dan  bisa bekerjasama. Pemilos kali ini jago untuk calon ketua adalah siswa yang masih duduk di kelas X , dan calon wakilnya adalah siswa yang masih duduk di kelas X”, Narendra, ketua OSIS  dan Ripin ,wakil ketua OSIS menjelaskan.


Giyarta, S.Pd, M.Si menjelaskan setelah MPK ( Musyawarah Perwakilan Kelas ) memutuskan bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS ( OSIS Naba Kharisma, nama OSIS MAN 2 Sleman ) maka tahapan berikutnya adalah calon ketua melakukan kampanye di tiap kelas dan melakukan orasi menyampaikan visi dan misi program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun yang akan datang. Tahap berikutnya adalah diadakan pengambilan suara pada acara Pemilos dan yang terakhir adalah tahap pelantikan.


Kepala MAN 2 Sleman, Ali Asmu’i , S.Ag, M.Pd. menghimbau agar tidak ada pemilih yang golput, maka dikatakan SAY NO GOLPUT. Golput adalah bukan memberikan solusi untuk sebuah kemajuan, setiap suara adalah sangat berharga. Pemilos merupakan rekruitmen ketua OSIS di lingkup sekolah / madrasah sebagai sebuah pembelajaran hidup demokratis.Pemilos mengajarkan bagaimana menanamkan sikap dan etika menghormati perbedaan. ( fit  )


 


 


 

Bagikan Artikel