Pemilihan Siswa Berprestasi MAN 2 Yogyakarta
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-09-13 -|- 01:44:00
oleh man2yk
Yogyakarta (MAN2Yk) – Untuk menumbuhkan semangat belajar dan fastabiqul khoirot MAN 2 Yogyakarta menggelar pemilihan siswa berprestasi dan pemberian penghargaan kepada siswa yang sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di madrasah.
Tujuan kegiatan pemilihan siswa berprestasi ini adalah untuk menanamkan kebiasaan belajar secara teratur dan tekun, meningkatkan motivasi siswa untuk berlomba guna mencapai prestasi terbaik, mendapatkan siswa yang dipandang layak untuk dianugerahi penghargaan serta menentukan siswa berpotensi yang akan dipersiapkan mengikuti seleksi siswa berprestasi di tingkat selanjutnya.
Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas XI baik peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu-ilmu keagamaan (IIK) maupun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Selain itu juga seluruh siswa kelas XII IBB, IPS, IIK maupun MIPA MAN 2 Yogyakarta.
Pemilihan siswa berprestasi ini melalui beberapa tahap seleksi yaitu Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris, tes praktek dan wawancara oleh guru Pengetahuan Agama Islam (PAI) dilanjutkan wawancara dengan guru Bimbingan Konseling (BK) untuk menggali potensi kepribadiannya.
Mekanisme seleksi diawali dengan menyeleksi nominator Siswa Berprestasi tahun 2017. Penjaringan nominator dilaksanakan melalui pemetaan peringkat prestasi akademik tiap jurusan di kelas X dan XI tahun pelajaran 2016/2017. 24 nama dari hasil pemetaan wajib mengikuti tes tertulis materi kemampuan dasar, tes praktek keagamaan dan wawancara keagamaan serta kepribadian.
Setelah melalui tahapan seleksi maka diputuskan ada 24 Siswa Berprestasi. Siswa Berprestasi dari kelas XI MIPA ranking I Erli Rika Wardani, rangking II Muhammad Royyan Al Firdausi dan rangking III Bagas Wisnu Suasono, kelas XI IPS Salsha Muthia Amada, Mufidah Nur Salamah dan Artic Citra Annisa, kelas XI IIK Salsabila Nur Imatul Adzillah, Salsabila I’tilaful Adzibah dan Shinta Tisia Azzahra serta sari kelas XI IBB Wildaniar Azzahra, Anisa Dewi Maharani dan Maulana Farisi
Adapun kelas XII MIPA ranking I Anugrah Arief, rangking II Hoerul Anas dan rangking III Nun Salsabila Maulidah, kelas XII IPS Tsalsabila Dian Kurnia, Khusna Haibati Lathif dan Alfadia Widiyasari, kelas XII IIK Hanifa Noor, Bagus Wicaksana dan Muhammad Al Faqih serta dari XII IBB Savina Khairunnisa Putri, Muhammad Happy al Haq Sahara dan Ranti. (ryn)

Bagikan Artikel