Pelajari Fenomena Resonansi Bunyi, MGMP Fisika MA DIY Laksanakan Outdoor Studi ke Goa Gong
Kategori Berita | Diposting pada : 23 Maret 2019 | 21:56 WIB
oleh mgmpfisika

Pacitan (MGMP Fisika MA DIY) – Resonansi adalah peristiwa bergetarnya suatu benda akibat benda lain yang berfrekuensi sama bergetar. Peristiwa Fisika ini diaplikasikan dalam pembuatan alat musik baik tradisional maupun modern yang bersifat akustik seperti gitar akustik dan juga gamelan jawa. Sebuah fenomena menarik bagi para pemerhati Fisika jika ditemukan benda alam yang bisa beresonansi seperti batu yang terletak di Gua Gong dan Gua Tabuhan Pacitan Jawa Timur.


Alasan itulah yang digunakan oleh MGMP Fisika MA DIY untuk mengadakan pelajaran studi lapangan atau out door study pada Kamis (14/2). Sekitar 30 guru-guru Fisika MA DIY bersepakat untuk mengunjungi gua wisata andalan Pacitan itu pada hari MGMP. Rombongan para guru ilmu eksak ini dipimpin langsung oleh Ketua MGMP Fisika MA DIY Edy Purwanto, M.Pd.Si. dibantu oleh sekretaris dan bendahara MGMP sebagai panitia inti outdoor study. Forum ilmiah guru madrasah aliyah ini ternyata mendapat perhatian serius dari Pengawas Kemenag Kabupaten Bantul Muhammad Rofiki, S.Ag, MA, M.Sc.  yang berkenan mengikuti rombongan  para guru ke Pacitan.


Sesampai di lokasi tujuan yaitu di Gua Gong, rombongan langsung menuju gua yang berjarak sekitar 500 meter dari parkir bus. Fenomena resonansi ternyata ditemukan jelang pintu keluar yaitu sebuah batu stalaktit atau yang menggantung, saat dipukul berbunyi seperti bunyi gong. Fenomena resonansi alam itu benar-benar ada dan akan dijadikan contoh pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Fisika khususnya pada materi gelombang bunyi. (edp)


 

Bagikan Artikel