MTsN Maguwoharjo Tanamkan Budi Pekerti dengan Gerakan 5 S
Kategori Berita | Diposting pada : 27 April 2016 | 16:54 WIB
oleh adminsuper



Sleman (MTsN Maguwoharjo)—Salah satu perilaku yang diharapkan dari siswa madrasah adalah sikap ramah dan santun, karena sikap demikian merupakan cermin dan pribadi dari seorang muslim. Berkenaan dengan hal itulah maka dalam upaya menanamkan sikap tersebut kepada seluruh siswanya, setiap hari mulai pukul 06.40 – 07.00 WIB MTsN Maguwoharjo melaksanakan gerakan 5 S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN). Dimana dalam kegiatan ini melibatkan seluruh Guru dan Pegawai yang dalam pelaksanaannya diatur secara bergiliran sesuai dengan jadwal piket masing-masing.


Dalam kegiatan ini Guru/Pegawai yang bertugas, sejak pagi sesuai waktu yang telah ditentukan berdiri di depan pintu gerbang untuk menyapa dan menjabat tangan siswa. Dan dari kegiatan ini ternyata mampu memberi dampak positif  karena siswa menjadi tidak malu dan segan lagi untuk juga berjabat kepada Orang tua mereka yang mengantarnya.


Kamad Supangat, S.Pd, M.Pd.I mengatakan terkait gerakan 5 S tersebut di madrasahnya, sebenarnaya sudah berjalan sejak tiga tahun lalu hanya saja diawal tahun ajaran memang perlu untuk di-refres, oleh karena dalam perjalanannya terjeda oleh libur, pergantian jadwal piket guru dan sebagainya. Namun demikian karena hal tersebut bukanlah suatu masalah yang  urgent dan mudah untuk mengatasinya, maka pihaknya bertekad untuk terus melanjutkan kegiatan tersebut selaras dengan program yang dicanangkan oleh Pemerintah pada umunya dan Kementrian Agama pada khususnya dimana lembaga pendidikan dituntut untuk tidak sekedar menghasilkan siswa yang pandai akan tetapi juga menghasilkan siswa yang cerdas, berbudi luhur dan berkarakter.


 

Bagikan Artikel