MTsN 9 Bantul Raih Dua Penghargaan Nasional dalam Festival Literasi GSMB
Kategori Berita | Diposting pada : 08 November 2018 | 12:39 WIB
oleh mtsn9bantul

Bantul (Masemba). Dalam rangka menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyelenggarakan Gerakan Sekolah Menulis Buku.


Pada event tersebut MTsN 9 Bantul ikut berpartisipasi dengan cara menggerakkan siswa untuk mengirimkan karya berupa puisi. Akhirnya terkumpullah 173 judul puisi yang ditulis oleh siswa. Dari puisi tersebut dilakukan seleksi secara nasional dan tiap sekolah diambil 3 terbaik untuk diundang pada puncak acara Festival Literasi di Graha Saba Buana Convention Center Surakarta pada Selasa (6/11).


“Kami mengajak siswa untuk ikut menyukseskan gerakan literasi ini melalui gerakan menulis puisi. Alhamdulillah sebanyak 173 orang siswa kami tergerak untuk menulis puisi,” ungkap Kepala Madrasah, Miftakhul Bakhri.


Upaya yang dilakukan Miftakh tidak sia-sia.  Karena pada kesempatan tersebut MTsN 9 Bantul berhasil mendapat 2 penghargaan berupa juara 1 nasional Sekolah Menulis Buku untuk Kategori Kepala Sekolah di luar Jawa Tengah dan juara 3 nasional menulis puisi. Juara 1 diterimakan kepada Kepala Madrasah, Drs Miftakhul Bakhri, M.Pd. dan juara 3 diterimakan kepada Zaenita Sayidatil Ayami, siswa kelas IXC dengan puisnya yang berjudul Klandestin.


Berkenaan dengan kegiatan tersebut MTsN 9 Bantul menugaskan beberapa orang untuk hadir memenuhi undangan tersebut: Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Kepala Perpustakaan, 3 orang guru pemdamping, dan 3 siswa terbaik tingkat sekolah/ madrasah.


Hadir pada Festival Literasi tersebut para tokoh nasional seperti: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staff Presiden, Yahya Tatang Badru Tamam, Penulis dan Sastrawan Nasional, M. Aan Mansyur, serta Dr Sutejo, M.Hum., Akademisi dan Sastrawan Nasional.


Suatu kebahagiaan tersendiri bagi MTsN 9 Bantul dapat menjadi bagian dari Festival Literasi ini. Karena event ini merupakan ajang bertemunya para penggerak literasi dalam lingkup nasional. Diraihnya dua penghargaan nasional ini menjadi motivasi bagi MTsN 9 Bantul untuk terus mengembangkan diri menjadi madrasah literasi. (nsh).

Bagikan Artikel