MTsN 3 Sleman Peduli Rohingya
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-09-22 -|- 11:46:00
oleh mtsn3sleman

Sleman -- Bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, MTsN 3 Sleman mengadakan acara solidaritas untuk Rohingya Jum’at 22/9. Acara tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan doa bersama dan penggalangan dana dari seluruh siswa, guru dan karyawan MTsN 3 Sleman. Dana yang terkumpul dari acara tersebut sejumlah Rp. 8.070.000,- dan akan diserahkan kepada Kementerian Agama Kabupaten Sleman untuk disalurkan kepada para pengungsi Rohingnya.


Acara doa bersama dan pengumpulan dana tersebut dilaksanakan setelah sholat dhuha. Setelah semua siswa berkumpul di halaman madrasah, kegiatan diawali dengan mujahadah, dzikir bersama dan pembacaan asmaul husna.  Doa dipimpin oleh Nur Hudariyanto, S.Pd.I dan berlangsung selama kurang lebih 60 menit. Beliau menyampaikan bagaimana penderitaan yang dialami oleh etnis Rohingya saat ini. Dari anak kecil, hingga orang tua baik pria maupun wanita berjuang untuk tetap hidup. “Kita sebagai muslim yang baik harus ikut membantu meringankan penderitaan mereka, minimal dengan doa agar diselamatkan dari afat (bahaya) di dunia dan akhirat.”


 “Ini adalah momentum yang tepat bagi kita untuk mengawali tahun 1439 H ini dengan penuh kebaikan”, kata Kepala Madrasah Dra. Hj. Sri Haryati Handayani. Ia  menyampaikan bahwa aksi penggalangan dana ini merupakan bentuk kepedulian madrasah atas tragedi kemanusiaan yang terjadi pada etnis Rohingnya di Myanmar. Kamad bersyukur karena kegiatan ini didukung oleh seluruh siswa-siswi, guru, staf, orang tua dan wali murid MTsN 3 Sleman.


Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Abdul Haris Sujarwo, S.Pd menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membangkitkan kepedulian siswa-siswi MTsN 3 Sleman terhadap sesama serta sebagai salah satu perwujudan pendidikan karakter anak.


Rangkaian acara solidaritas dan penggalangan dana dikahiri dengan pembacaan puisi berjudul “Duka Anak Rohingnya” oleh Khodijatul Qubro dan Alya Natasya  Arapah yang menghadirkan suasana khidmat dan hening. (dhe)


 

Bagikan Artikel