MTsN 1 Gunungkidul Studi Eksplorasi dan Wisata Religi di Malang dan Surabaya
Kategori Berita | Diposting pada : 11 Oktober 2018 | 10:27 WIB
oleh mtsn1gk

Gunungkidul  (MTsN 1 Gunungkidul) -  Studi Eksplorasi dan Wisata Religi MTsN 1 Gunungkidul merupakan implementasi  program pembelajaran di luar kelas dan mengenalkan keanekaragaman sosial, masyarakat, agama dan budaya Indonesia, MTsN 1 Gunungkidul mengadakan Studi Wisata Eksplorasi dan Wisata Religi dengan tujuan daerah-daerah obyek wisata di Malang dan Surabaya. Kegiatan ini  telah dilaksanakan Senin-Rabu (8-10/10) dan diikuti oleh 125 siswa kelas VIII dengan didampingi 20 Guru Pendamping.


 


Kepala MTsN 1 Gunungkidul, Hamid Abdul Basit S.Ag, MSI mengungkapkan , "Tujuan Studi Eksplorasi dan Wisata Religi ini, untuk memperluas wawasan siswa dibidang kepariwisataan, sejarah dan adat-istiadat di daerah Malang dan Surabaya. Untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru di luar kelas yang tidak didapatkan pada saat pembelajaran di kelas. Untuk mengembangkan toleransi sosial, kerja sama siswa, guru dan pegawai MTsN 1 Gunungkidul, serta sekaligus menjadi ajang rekreasi serta ziarah ke Walisongo di Makam Sunan Ampel untuk membekali kisah rekigious  bagi para siswa", tandasnya.


Aris Budiyanto, S.Pd. Kor selaku ketua Panitia menandaskan Studi Eksplorasi dan Wisata Religi memakan waktu tiga hari perjalanan mengunjungi obyek Wisata Petik Apel , Taman Selekta dan Jatim Park I, yang bertujuan agar siswa mesyukuri nikmat yang telah diberikan Alloh SWT serta memperkenalkan Budaya serta Sains yang ada di Jatim Park I. Lebih lanjur Aris mengungkapkan guna mengasah rasa dan mengilhami perjuangan penyebaran agama Islam di Jawa Timur dengan Ziarah ke makam Sunan Ampel Surabaya tambahnya.


 


Dengan  dilaksanakannya Studi Eksplorasi dan Wisata Religi  ini, seluruh siswa-siswi kelas VIII  mengakhiri kegiatan dengan membuat laporan  dengan berkonsultasi dengan guru pendampingnya masing-masing. Laporan ini disusun sebagai salah satu karya tulis siswa yang akan disimpan di Perpustakaan Bustanul Ullum MTsN 1 Gunungkidul (alp)

Bagikan Artikel