MAN 4 Bantul Berpartisipasi dalam Evaluasi Puskesmas Banguntapan
Kategori Berita | Diposting pada : 16 April 2018 | 17:47 WIB
oleh man4bantul

Bantul (MAN 4 Bantul) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang merupakan fasilitas kesehatan masyarakat di bawah tanggung jawab Dinas Kesehatan menyelenggarakan salah satu programnya yaitu, Evaluasi Kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Puskesmas di sekolah. Kamis, (12/4) Puskesmas Banguntapan III mengundang 15 sekolah yang telah menjadi mitra untuk menghadiri program evaluasi tersebut, termasuk MAN 4 Bantul.


Bertempat di Aula Puskesmas Banguntapan III, kegiatan tersebut dipimpin oleh dr. Siti K H, yang mana beliau menghimbau untuk selalu meningkatkan pelayanan kesehatan di sekolah, melalui Unit Kesehatan Sekolah (UKS) masing-masing.


Dalam sambutannya dr. Siti berharap supaya petugas UKS tetap optimal dan maksimal dalam melakukan penjaringan kesehatan terhadap peserta didik, meskipun masih banyak kendala dan keterbatasan yang ada.


"Saya berharap supaya petugas tetap optimal dan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh petugas dalam melakukan penjaringan kesehatan disekolah-sekolah. Meskipun masih banyak kendala dan keterbatasan baik dari sumberdaya, anggaran, dan sarana prasarana yang ada," jelasnya.


Lebih lanjut dr. Siti menjelaskan bahwa, UKS ini sangat penting untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik dalam mendukung proses belajar.


Dalam hal ini MAN 4 Bantul berpartisipasi mengikuti kegiatan evaluasi tersebut dengan mengirim salah satu guru yaitu, Andri Efriadi, S.Sos.I. Andri merupakan guru Bimbingan Konseling (BK) dan juga Pembina Ektrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) UNIT 43 MAN 4 Bantul. Selaku Pembina PMR dalam kegiatan Evaluasi Puskesmas Banguntapan III, Andri melaporkan keadaan UKS di MAN 4 Bantul terkait fasilitas, sarana dan prasarana.


"Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kemajuan UKS madrasah, segala informasi dan keluhan dapat disampaikan dan ditanggapi langsung oleh pihak puskesmas,"kata Andri ketika ditemui di ruang BK oleh tim jurnalis MAN 4 Bantul.


Selanjutnya Andri menjelaskan, "Adapun hasil dari kegiatan Evaluasi Kegiatan Puskesmas Banguntapan III adalah, Puskesmas siap memfasilitasi dokter jaga untuk kunjungan ke sekolah-sekolah, stok obat-obatan, dan alat-alat kesehatan,"pungkas Andri. (oji/ica)

Bagikan Artikel