Kunjungan FKMA Jakarta di MAN 1 Yogyakarta:Semangat Untuk Terus Menerus Belajar
Kategori Berita | Diposting pada : 12 Januari 2018 | 10:14 WIB
oleh man1yk

Yogyakarta(MAN 1 YK)--Forum Komunikasi Madrasah Aliyah(FKMA) Jakarta Barat dan Jakarta Selatan lakukan studi banding di MAN 1 Yogyakarta, Kamis(11/1)pagi. Mereka disambut hangat oleh segenap civitas akademika di Aula lantai 2.


Pengurus  FMKA Jakarta Bahroin menyampaikan, ada 25 orang yang turut hadir dalam kunjungan ini, mereka adalah para kepala madrasah aliyah swasta yang terbentuk dalam Forum Komunikasi Madrasah Aliyah(FKMA) asal Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. 


Dikatakan, madrasah tidak hanya tafaqquh fiddin(memperdalam agama) saja, tetapi juga harus mengikuti perkembangan zaman. “Al Islamu ya’lu walaa yu’laa ‘alaih(Islam adalah tinggi dan tidak ada yang mengunggulinya),”tandasnya.


“Lamaadzaa  ta akhara muslimun? wa Lamaadzaa  taqaddama ghairuhum?(Mengapa muslim terbelakang dan umat yang lain maju?),”ujarnya lagi.


Semangat untuk terus menerus belajar itulah, yang membuat ia dan rombongan hingga melakukan kunjungan di madrasah ini. “Walaupun kami di Jakarta, tetapi kami masih harus terus belajar(ke madrasah lain-red),”tuturnya.


Sementara itu Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA.  menyambut baik kunjungan ini. “Selamat datang, mudah-mudahan menjadi kenangan yang baik,”ujar Singgih yang didampingi Wakamad Bidang Humas Hartiningsih, MA. Wakamad Bidang Sarpras Dadang Suyono, M.S.I, dan Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc., serta segenap civitas akademika.


“Terimakasih telah menunjuk MAN 1 Yogyakarta untuk menjadi  tempat silaturrahim,”ujarnya.


Lanjut Singgih, seperti yang tertulis di papan madrasah, yakni “Madrasah Unggul” menjadi motivasi untuk terus menerus meningkatkan dan mengembangkan diri, baik dalam bidang akademik maupun bidang akhlakul karimah.  Hal ini ungkapnya, sesuai dengan slogan madrasah yaitu “Prestasi Tiada Henti, Cerdas dan Islami”.


Terang Singgih, untuk membentuk akhlakul karimah, madrasah ini telah menempuh beberapa pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain menyambut kedatangan siswa di madrasah dengan 5 S(Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun), kemudian doa, tadarus Al Quran, membaca Al-asma’ul husna dan menyayikan Lagu Indonesia Raya, serta Sholat Dhuha.


Sambutan hangat, bersahabat, dan akrab warnai pertemuan itu. Setelah penyampaian Profile MAN 1 Yogyakarta oleh Wakamad Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. dan sesi tanya jawab, kemudian para tamu diajak berkeliling di lingkungan madrasah.


“Banyak hal yang dipelajari, dari madrasah ini. mulai dari kebersihan, suasana yang bersahabat dan prestasi yang diperoleh,”Kesan H.Fakhrurozi, MA. Koordinator Kunjungan FKMA Jakarta itu. (dzl)

Bagikan Artikel