KPN KUAD Kanwil Kemenag DIY Masuk Kategori Koperasi Sehat
Kategori Berita | Diposting pada : 14 Februari 2018 | 20:58 WIB
oleh adminsuper

Yogyakarta (Inmas DIY) - Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku Tahun 2017 Koperasi Pegawai Negeri KPN KUAD Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY digelar Rabu (14/2) di Aula lantai 3 kantor setempat.


Kepala Kanwil Kemenag DIY, Muhammad Lutfi Hamid dalam sambutannya menawarkan sebuah tantangan untuk bekerja sama dalam penjualan online. "Kalau perlu dibangun gerai berbasis online," tegasnya. Bahkan jika memungkinkan bekerjasama dengan pihak perbankan untuk melebarkan sayap. Lebih lanjut, Lutfi mengajak siapapun yang terpilih sebagai ketua koperasi untuk membangun menset yang berbeda.


Selanjutnya di hadapan 183 anggota, Ketua Koperasi KUAD, H. Ahmad Fauzi memaparkan berbagai keberhasilan koperasi KUAD tahun ini, diantaranya peningkatan aset dan modal serta pinjaman yang berhasil disalurkan menembus 3 M dengan total SHU hampir mencapai angka 500 juta artinya ada peningkatan sekitar 10% dari SHU tahun sebelumnya.


Dalam kesempatan tersebut, tampil sebagai narasumber Ketua Dekopindo Kota Yogyakarta H. Iskandar, SE, Ketua PKP RI Kota Yogyakarta Suyatno dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Nakertrans Kota Yogyakarta Prabaningtyas DS, SH, M.Hum. Ketiganya sepakat bahwa koperasi yang mampu menyelenggarakan RAT menunjukkan bhw koperasi tersebut tidak mempunyai masalah.


Menurut Suyatno, "SHU merupakan salah satu bentuk kesejahteran, dimana kesejahteraan anggota akan semakin meningkat jika koperasi tersebut semakin kuat." Sementara itu Prabaningtyas menegaskan jika 3 tahun berturut-turut tidak melaksanakan RAT maka koperasi tersebut bisa dibubarkan. Lebih lanjut Iskandar menambahkan bahwa untuk menjadi pengurus koperasi harus memenuhi kriteria BPK yaitu Benar, Pintar dan Kober.


Hasil pemeriksaan KPN KUAD mencapai skor 84 masuk dalam kategori sehat. Atas prestasinya ketua koperasi Ahmad Fauzi menerima sertifikat yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Prbaningtyas.


Kegiatan RAT kali ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kab. Sleman Sya'ban Nuroni, Kepala Kankemenag  Kab. Kulonprogo  Nurudin, Kasubbag TU Kota Yogyakarta Abd Su'ud, sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag DIY  beserta para anggota koperasi KUAD. (tnf/eko)

Bagikan Artikel