Kolaborasikan Kimia dan Al Qur’an, LKTI Siswa MAN 4 Bantul Kelarisan Pengunjung Expo Madrasah
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-08-11 -|- 10:02:00
oleh man4bantul

Bantul (MAN 4 Bantul) – Kreativitas dan inovasi merupakan unsur penting yang diperlukan dalam suatu penelitian. Ketika seseorang mampu meramu suatu temuan atau memvariasikan beberapa temuan orang lain dan ditulis dalam sebuah karya ilmiah dikatakan inovatif. Bagi siswa madrasah, temuan materi suatu mata pelajaran yang diintegrasikan dengan ilmu keagamaan juga bisa dikatakan bentuk inovasi yang diakui sebagai sebuah karya kreatif.


Demikian yang dilakukan oleh dua siswa MAN 4 Bantul masing-masing Nok Lilis dan Muhammad Alfian yang berhasil mengkolaborasikan materi pelajaran Kimia dengan Al Qur’an dalam sebuah karya ilmiah mampu menjuarai ajang LKTI KSM tingkat DIY dan berhasil maju di tingkat nasional. Siswa besutan pembimbing handal karya ilmiah remaja MAN 4 Bantul Drs. Ahmad Arif Ma’ruf, MA, M.Si itu  mengikuti prosesi penilaian karya ilmiah dalam Aksioma KSM Nasional yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemeneterian Agama DIY bertempat di gedung multipurpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Pada Kamis (10/8) kedua peneliti belia itu membuka stand expo LKTI untuk hasil karyanya dalam expo madrasah di gedung tempat wisuda UIN itu. Karena menariknya model karya ilmiah yang ditulis siswa madrasah istimewa MAN 4 Bantul tersebut, banyak pengunjung yang bersambang di stand mereka diantaranya adalah Kasubdit Kesiswaan Kemenag RI Dr. Abdullah Faqih. Pejabat Kemenag Pusat itu mengapresiasi hasil karya siswa MAN 4 Bantul yang mengintegrasi dan mengkoneksikan ilmu umum dan Al Quran. Hadir juga di stand LKTI Lilis dan Alfian, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. (rif)


 

Bagikan Artikel