Kendarai ATV di Pantai Klayar, Rombongan MGMP Fisika MA DIY Pelajari Fenomena Semburan Air
Kategori Berita | Diposting pada : 23 Maret 2019 | 21:57 WIB
oleh mgmpfisika

Pacitan (MGMP Fisika MA DIY) – Seharian di Pacitan, rombongan para guru Fisika MA DIY yang tergabung dalam MGMP Fisika MA DIY tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mempelajari fenomena alam istimewa di wilayah selatan Jawa Timur itu. Selepas mempelajari resonansi bunyi yang terdapat di Gua Gong pada Kamis (14/2), rombongan menuju Pantai Klayar untuk mempelajari adanya fenomena semburan air di bebatuan dekat pantai. Semburan air di Pantai Klayar merupakan magnet bagi para wisatawan di Pacitan.


Rombongan dibawah koordinator para pengurus MGMP itu langsung dipimpin Ketua MGMP Fisika MA DIY Edy Purwanto, M.Pd.Si. Untuk menuju ke lokasi semburan air, para guru harus menaiki kendaraan ATV untuk sampai ke lokasi. Setelah diantar puluhan ATV, sampailah di area semburan yang telah dikerumuni beberapa pengunjung. Para ahli pendidikan Fisika itu mulai berdiskusi sambil mengamati proses terjadinya semburan air di sela-sela bebatuan di pinggir pantai.


Kesimpulan yang didapat dari even outdoor study ini adalah semburan terjadi sesaat setelah ombak besar mengenai bibir pantai. Ombak besar memasuki lubang bebatuan sehingga menekan air yang berada di dalamnya, tekanan yang sangat besar akibat besarnya gelombang terebut menyebabkan semburan air di lubang kecil bebatuan yang mengarah ke atas. Para guru akan menjadikan fenomena ini sebagai bahan pembelajaran kontekstual terutama dalam materi fluida dinamis. (edp)


 

Bagikan Artikel