Kakanwil Lantik Dewan Hakim MTQ Pelajar DIY 2017
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-11-15 -|- 01:22:00
oleh adminsuper

Yogyakarta (Inmas DIY)--Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Muhammad Lutfi Hamid melantik jajaran dewan hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Pelajar Sekolah Umum Tingkat DIY 2017 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Rabu (15/11).


Kegiatan MTQ Pelajar merupakan ajang evaluasi di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA/SMK. Juga untuk membumikan nilai-nilai luhur sesuai al-Qur'an. Selain itu guna meningkatkan pengetahuan terkait al-Qur'an.


Hal itu pula yang ditegaskan Gubernur yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji saat membuka kegiatan. "Kegiatan ini diselenggarakan untuk pengembangan karakter yakni mencegah terjadinya aktifitas negatif karena kebebasan bermedia sosial," ungkap Baskara Aji.


Pemda DIY, imbuhnya, akan terus melakukan kegiatan pengembangan pelajaran agama Islam. "Prestasi akademik dan bakat minat siswa harus diimbangi dengan karakter yang positif," katanya lagi. Hal itu diperlukan agar pelajar Yogyakarta bisa menjadi contoh pelajar daerah lain.


Sementara Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi menilai saat ini kebenaran informasi tidak dapat dipastikan justru pada saat banjir informasi. "Untuk itu agenda pada hari ini seolah mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebenaran hakiki itu ada," jelasnya. Penyelenggaraan secara rutin MTQ menurutnya akan menjadi pengingat serta memberi manfaat kepada masyarakat untuk mengembangkan dan mengimplementasikan nilai-nilai al-Qur'an.


MTQ Pelajar kali ini meliputi 13 jenis cabang pada tiap jenjang yang diikuti 310 siswa-siswi terbaik se-DIY. Juga tampak hadir dalam kesempatan ini Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota dan sejumlah jajaran pejabat lainnya. (bap)

Bagikan Artikel