Jelajahi Literasi Internasional, MTsN 3 Bantul Laksanakan Program PISA antar 81 Negara
Kategori Berita | Diposting pada : 13 Februari 2018 | 22:44 WIB
oleh mtsn3bantul

Giriloyo (MTsN 3 Bantul) – PISA (Programme for International Student Assesment) adalah program penilaian internasional yang diikuti oleh 81 negara. Indonesia merupakan bagian dari penilaian tersebut. PISA bertujuan untuk mengukur literasi dasar dari kompetensi siswa sekolah atau madrasah yang relevan dengan kecakapan abad 21. Domain yang diatur pada PISA adalah reading literacy, mathematics literacy, scientific literacy, financial literacy dan global competency. Soal-soal tes PISA menuntut kemampuan berpikir kritis, problem solving serta komunikasi secara tertulis.


MTsN 3 Bantul adalah salah satu sekolah di Indonesia yang terpilih mengikuti program ini. Kepala MTsN 3 Bantul Drs. Surahmanta menjelaskan bahwa terpilihnya madrasah tempat ia memimpin menunjukkan bahwa MTsN 3 Bantul adalah sampel pilihan yang dipercaya mampu menunjukkan sekolah yang berpotensi literasi. Pada kesempatan wawancara dengan penulis berita pada Selasa (13/2), orang nomor satu di madrasah hijau Giriloyo itu menuturkan bahwa ada 4 guru yang ditunjuk sebagai pelaksana PISA yaitu Puji Lestari, S.Pd, Siska Yuniati, S.Pd, Dra. Endah Tyasingrum dan Siti Muslikhah, S.Pd..


Menurut Kamad, 4 orang guru tersebut telah dikirim ke Jakarta untuk mengikuti bimbingan teknis pelaksanaan PISA dan pada Februari ini keempatnya telah siap melaksanakan tugas. “Tim PISA madrasah kami akan menyeleksi sejumlah siswa yang layak dinilai kemampuan literasinya. Dengan program ini kami berharap, madrasah ini bisa menjelajahi literasi internasional” imbuh Kamad. (ist)

Bagikan Artikel