Hari Ketiga Kemah Rohis, Peserta Ikuti Prosesi Manasik Haji
Kategori Berita | Diposting pada : 08 November 2018 | 10:39 WIB
oleh adminsuper

Belitung (Inmas DIY)—Memasuki hari ketiga pelaksanaan Kemah Rohis Tingkat Nasional III tahun 2018 di Bumi Perkemahan Juru Sebrang, Kamis (8/11), para peserta diajak ikuti prosesi manasik haji. Mulai dari thawaf mengelilingi Ka’bah, wukuf di Arafah, lempar jumrah ula, wustha dan aqabah hingga sa'i dari bukit Shafa ke Marwa sebanyak 7 kali.


Menurut Mustahdi, salah seorang fasilitator kegiatan, prosesi manasik sengaja dimasukkan dalam agenda kemah agar para peserta bertambah wawasan terkait rukun haji. “Sebanyak 1.200 peserta melakukan manasik haji yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB tadi,” ungkapnya saat ditemui di lokasi. Kegiatan manasik yang diikuti peserta kemah, menurut Mustahdi, cukup komplit. “Termasuk melakukan mabit di Mina dan mengambil kerikil di Muzdalifah,” tandas pria yang juga menjadi fasilitator saat Kemah Rohis dua tahun lalu ini.


Ditambahkan, setelah kegiatan manasik, usai dzuhur para peserta diminta untuk menampilan kreasi dakwah milenial. “Kreasi dakwah ini murni tampilan dari peserta, diserahkan sepenuhnya ke mereka dengan ekspresi dakwah masing-masing,” ungkapnya lagi. Nantinya, imbuh Mustahdi, para peserta akan menampilkan dakwah yang dibalut drama, dengan lagu dan nada atau bahkan stand up comedy.


Sementara, salah satu peserta asal Banten, Afgan, mengaku sangat senang mengikuti Kemah Rohis. “Manasik haji pagi ini sangat membantu wawasan kami tentang rukun haji,” akunya. Peserta lainnya, Hengki asal Bengkulu, menilai Kemah Rohis sangat menyenangkan. “Meski cukup melelahkan tapi kami jadi punya teman baru dari seluruh Indonesia,” kata siswa kelas XI SMA ini.


Kegiatan Kemah Rohis ini memang mensyaratkan satu tenda diisi 8 peserta dan satu fasilitator. Mereka berasal dari provinsi yang berbeda satu sama lain. “Saat visit tour besok, mereka juga akan diacak lagi agar jaringan pertemanan semakin luas,” pungkas Mustahdi. (bap)

Bagikan Artikel