Gelar Rakor Peningkatan Kualitas Guru Madrasah, Kemenko PMK: Kualitas Guru Tentukan Kualitas Pendidikan
Kategori Berita | Diposting pada : 12 Juli 2018 | 12:52 WIB
oleh bram

Yogyakarta (Inmas DIY)— Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Kualitas Guru di lingkungan Kemenag, Kamis (12/07) di Yogyakarta. Asisten Deputi Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenko PMK, Sahlan, menilai kualitas guru menentukan kualitas pendidikan. 


“Pendidikan yang baik akan sangat tergantung kualitas guru. Di lapangan masih ada guru yang seharusnya S1 tapi ada yang belum,” ujarnya mewakili Deputi Koordinator Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Prof Dr R Agus Sartono.


Melalui rakor ini, pihaknya ingin mengetahui proses mewujudkan pendidikan agama dan keagamaan yang telah dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. “Secara nasional kami telah mengidentifikasi persoalan, seperti anggaran pendidikan yang sangat besar namun belum memberikan hasil yang membanggakan,” jelasnya.


Sahlan menyebut bahwa 20 persen APBN atau senilai 444 triliun dialokasikan untuk pendidikan. “Sementara anggaran Kemenag yang mencapai 62 triliun, 90 persen di antaranya untuk pendidikan,” urainya. Namun ia juga realistis bahwa tantangan yang dihadapi tidak mudah.


“Indonesia begitu luas, madrasah dan pondok pesantren begitu banyak. Termasuk lembaga pendidikan non-Islam yang juga menjadi tanggung jawab pemerintah,” tandasnya lagi.


Sebelumnya, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenko PMK Tabaruddin menjelaskan, rakor ini bertujuan meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian meningkatkan kualitas guru.


“Narasumber yang dihadirkan selain Deputi Koordinator Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, juga Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag Prof Suyitno dan Kakanwil Kemenag DIY Muhammad Lutfi Hamid,” ujarnya. Rakor ini diikuti 55 peserta yang terdiri dari unsur Bidang Pendidikan Madrasah, pengawas, kepala dan guru madrasah di lingkungan Kemenag DIY. (bap)

Bagikan Artikel