Deklarasi Jogja Damai Menolak Kekerasan, Intoleransi dan Radikalisme
Kategori Berita | Diposting pada : 14 Februari 2018 | 16:07 WIB
oleh adminsuper

Yogyakarta (Inmas DIY) - Segenap elemen masyarakat DIY menggelar deklarasi Jogja Damai. Kegiatan yang berlangsung di Kompleks Kepatihan tersebut berlangsung Rabu (14/2) dan dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY, Drs. HM. Lutfi Hamid, M.Ag.


 


Adapun isi deklarasi tersebut sebagai berikut: 



Pada hari ini. Rabu. Tanggal empat belas bulan Februari tahun dua ribu delapan belas, bertempat di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Kami Unsur Pimpinan Daerah DIY bersama-sama dengan Tokoh/Pemuka Agama, Tokoh Maayarakat, serta segenap elemen masyarakat yang ada di DIY dengan ini menyatakan  bertekad: 


1. Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
2. Mengecam segala bentuk kekerasan dan tindakan anarkis yang mengatasnamakan agama. 
3. Mengajak seluruh masyarakat DIY untuk tetap menjaga kerukunan, cinta damai, dan toleransi antar umat beragama. 
4.Menjadikan DIY sebagai daerah terdepan dalam perlawanan terhadap paham dan tindakan yang bertentangan dengan Pancasila,  UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. 
5. Mengecam pelaku kekerasan, intoleransi, dan radikalisme, serta mengusut secara tuntas sesuai aturan hukum yang berlaku. 



Tokoh Masyarakat dan segenap elemen masyarakat DlY ikut menandatangani Deklarasi Jogja Damai Menolak Kekerasan, intoleransi, dan Radikalisme yang tertuang dalam form tersendiri dan menjadi satu kesatuan dengan deklarasi ini. [eko]


 

Bagikan Artikel