Buka LKTI dan MBK Tingkat Nasional, Menag Harapkan Sinergi Program
Kategori Berita | Diposting pada : 10 Agustus 2018 | 10:45 WIB
oleh adminsuper

Jakarta (Inmad DIY) – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin secara resmi membuka Musabaqah Bahtsurl Kutub (MBK), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), serta Penganugerahan KUA dan Penyuluh Teladan Tingkat Nasional, Kamis (9/8). Kegiatan ini diikuti peserta dari seluruh Indonesia yang merupakan para juara di tingkat provinsi. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil Kemenag DIY, Drs. HM. Lutfi Hamid, M.Ag. serta Plh. Kabid Urais Binsyar, Drs. H. Muklas, M.Si. serta jajarannya.


Dalam sambutannya Menag mengapresiasi pelaksanakan kegiatan yang multi cabang. Menurutnya hal tersebut bisa menjadi kesempatan untuk saling bersinergi. “Saya menyambut baik pelaksanaan tiga kegiatan secara bersamaan ini. Ini menandakan dua hal. Pertama, terjalinnya sinergi antar unit yang akan menajamkan capaian Kementerian Agama. Kedua, sesungguhnya penganugerahan KUA teladan, Pemilihan penyuluh teladan, Musabaqah Bahstul Kutub dan Karya Tulis Ilmiah bermuara pada penguatan Kantor Urusan Agama (KUA). Sinergi program dan penguatan KUA merupakan semangat baru untuk mempertegas eksistensi Kementerian Agama secara keseluruhan.” Ungkap Lukman.


Selain itu, ia menambahkan pada tahun ini Kemenag terus mendorong perbaikan kinerja kepada seluruh unit dengan melakukan inovasi dan perbaikan dalam berbagai kegiatan. “Pada tahun ini, kami memberikan apresiasi kepada jajaran Bimas Islam atas berbagai inovasi dalam pelaksanana kegiatan ini. Kami mencatat tiga perubahan konsep perlombaan. Pertama, paradigma baru penilaian KUA teladan dengan menekankan pada aspek inovasi layanan publik. Kedua, perubahan dari Lomba Membaca kitab menjadi Musabaqah bahtsul Kutub, ini tentu lebih mendalam aspek penilaiannya. Ketiga, peningkatan kualitas layanan KUA berbasis website, ini adalah bagian dari upaya pembinaan aparatur KUA agar lebih berani berinovasi,” lanjutnya.


Kanwil Kemenag DIY mengikutsertakan seluruh cabang lomba, dan berharap bisa mempertahankan tradisi juara yang selama ini ada. KUA Teladan diwakili oleh KUA Kecamatan Paliyan yang mengusung berbagai inovasi, di antaranya berupa layanan PTSP, One Day Service, Penghijauan Lingkungan, dan inovasi lainnya. [eko]

Bagikan Artikel