Bagus Ferdian Nur Adianto, Siswa MAN 3 Bantul Raih Juara III OLMAT DIY Jateng
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-11-14 -|- 10:16:00
oleh man3bantul

Bantul (MAN 3 Bantul) – MAN 3 Bantul kembali mengukir prestasi dengan berhasilnya Bagus Ferdian Nur Adianto (X MIPA 1) meraih juara III pada Olympiade Matematika (Olmat) DIY Jawa Tengah 2017. Olmat diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Study Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan dalam rangka memperingati Milad Pendidikan Matematika ke-38 (Mathematics Education Fastival #3) UAD dan bertemakan “Wujudkan impian duniamu bersama matematika”. Olmat yang diikuti perwakilan pelajar tingkat SMA/ MA sederajat se- DIY dan Jawa Tengah tersebut bertempat di kampus 3 UAD, Senin (12/11).  


Hasil kejuaraan pada Olmat tersebut adalah juara I, SMA Negeri 1 Yogyakarta dan juara II SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta . Keberhasilan Bagus meraih juara III merupakan kebanggaan tersendiri bagi MAN 3 Bantul khususnya dan madrasah secara umum karena bisa mewakili madrasah dalam meraih prestasi. Perjuangan Bagus dengan bimbingan guru matematika di MAN 3 Bantul Sapti Wahyuni SPd dalam menghadapi Olmat tersebut memang sangat bersemangat. Menurut Sapti Bagus tidak megenal lelah dalam berlatih mengerjakan soal, terlebih ketika menjelang pelaksanaan lomba. “Saat menghadapi soal yang tidak mudah justru Bagus merasa tertantang untuk bisa menyelesaikan, semangat dan disiplin berlatih merupakan kunci keberhasilannya,” ungkap Sapti.


Selain mendapatkan trophy Rektor UAD, Bagus juga menerima uang pembinaan dan sertifikat dalam kejuaraan tersebut. Menurut Bagus dengan mengikuti lomba semakin menambah pengalaman dan wawasan dalam mengerjakan soal matematika. “Setiap mengikuti kompetisi selalu saja ada pengalaman baru yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan dan di setiap event pastinya punya tantangan yang berbeda, tingkat kesulitan dan jenis soal juga sering beda. Itulah yang menantang saya untuk bisa mengerjakan soal dengan benar dan teliti,” ungkap Bagus.


Kepala madrasah Ali Asmu’i SAg MPd merasa bersyukur dan bangga dengan prestasi siswanya dalam Olmat kali ini. Menurutnya prestasi tersebut sangat istimewa mengingat Bagus adalah satu satunya siswa madrasah yang berhasil menjadi juara sedangkan  juara lainnya diraih oleh siswa yang berasal dari sekolah umum. “Prestasi ini juga sekaligus membuktikan Madrasah Memang lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah,” tandas Ali. (lif)

Bagikan Artikel