Ayo Daftar, Kemenag DIY Membuka 304 Formasi CPNS
Kategori Berita | Diposting pada : 26 September 2018 | 13:54 WIB
oleh adminsuper

Yogyakarta (Inmas DIY)—Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY mendapat formasi sebanyak 304 orang. Rinciannya fungsional guru 294 orang dan jabatan fungsional teknis (JFT) lainnya 10 orang. Terdiri dari penghulu 4 orang, ditambah masing-masing 1 orang penyuluh agama, penata laporan keuangan, arsiparis, pengelola pengadaan barang/jasa, pranata humas, dan pranata komputer. (Selengkapnya klik di sini)


Hal itu mengemuka saat Rapat Perdana membahas persiapan seleksi penerimaan CPNS Kemenag DIY yang berlangsung di Ruang Rapat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Rabu (26/09). Rapat yang dipimpin Kepala Bagian Tata Usaha Edhi Gunawan didampingi Kasubbag Organisasi Tata Laksana dan Kepegawaian Wahib Jamil ini diikuti jajaran Kasubbag pada Bagian Tata Usaha, perwakilan Bidang, Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten/Kota dan sejumlah pelaksana lainnya.


Wahib Jamil menuturkan ada beberapa kriteria penerimaan CPNS kali ini. “Ada lima kriteria pelamar yakni cumlaude, disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, Tenaga Pendidik eks Tenaga Honorer K.II dan pelamar umum yang tidak termasuk kriteria sebelumnya,” tandas Jamil. Menurutnya, kuota formasi CPNS Kemenag DIY tidak terdapat untuk diaspora dan cumlaude. “Kedua kriteria ini difokuskan untuk pusat dan perguruan tinggi,” ujarnya. “Untuk pelamar K.II menjadi wewenang pusat,” tambahnya.


“Untuk kriteria pelamar disabilitas terdapat 11 kuota dan putra-putri Papua dan Papua Barat ada 6 kuota, serta sisanya 287 kuota kriteria pelamar umum,” imbuh Jamil. Lebih lanjut ia menerangkan, khusus pelamar disabilitas wajib menyertakan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah atau puskesmas bahwa yang bersangkutan dapat melaksanakan tugas jabatannya. “Sementara pelamar kriteria putra-putri Papua dan Papua Barat dengan berdasarkan garis keturunan (Bapak atau Ibu) asli Papua dan Papua Barat, tidak hanya numpang lahir di sana, dibuktikan dengan surat keterangan Kepala Desa/Kepala Suku,” ungkapnya lagi.


Jamil menambahkan, sistem pendaftaran tahun ini berbasis online. “Peserta dapat membuka http://sscn.bkn.go.id, pilih formasi yang sesuai dengan kualifikasi ijazah dan unggah dokumen secara online,” kata Jamil. Setelah itu kirim berkas yang diunggah ke Kanwil Kemenag DIY Jalan Sukonandi 8 Yogyakarta. “Berkas dikirim dalam amplop tertutup, isi menjadi tanggung jawab pelamar sepenuhnya,” papar Jamil lagi. 


Pendaftaran online akan dibuka hingga minggu kedua Oktober 2018. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi adminitastrasi wajib mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan computer assisted test (CAT). “Nantinya akan diambil 3 kali jumlah formasi untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB),” pungkas Jamil. Informasi lebih lanjut dapat hubungi Subbagian Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag DIY (0274) 513492 / 516030. Perkembangan berita seputar CPNS Kemenag DIY dapat dipantau melalui laman yogyakarta.kemenag.go.id. (bap)


 

Bagikan Artikel