Jumat, 21 April 2017, 08:48

Perbaiki Wudu Jadikan Pelajar Pinter, Bener, dan Pener

Kulonprogo (MTsN2KP) Di sela-sela padatnya ujian kelas IX, OSIS MTsN2KP mengadakan Pengajian Isro Miroj (Sabtu, 15/4). Pengajian dilaksanakan setelah KBM di Gedung Serba Guna dan diikuti semua siswa kelas VII dan VII. Kegiatan ini perlu diapresiasi karena pengurus OSIS mampu menjalankan tugas dan merealisasikan kegiatan dalam kondisi apa pun, kata M. Dwi Putranto dalam sambutan acara ini.

Walaupun dilaksanakan siang hari, siswa-siswa tetap semangat mengikuti tausiah yang disampaikan oleh K.H. Drs. Imam Aladin Nur dari Purworejo yang juga Pengawas RA/MI. Tema yang diangkat kali ini adalah Wudu dalam perspektif Pelajar dalam rangka mewujudkan pelajar yang pinter, bener, dan pener. Nabi bersabda, Apabila seseorang berwudlu, membasuh wajah maka bersihlah dosa dari wajahnya, membasuh tangan maka bersihlah dosa dari tangannya, membasuh kaki maka bersihlah dosa dari kakinya. Hal ini haruslah menjadi patokan kita semua dalam bertingkah laku. Wudu akan membersihkan dosa-dosa kecil kita, demikian pembuka tausiah siang itu.

Lebih lanjut hubungan pelajar Islam dengan wudu sangat erat. Pelajar Islam harus membiasakan berwudu sebelum berangkat sekolah. Karena ia akan selalu menjaga kita, merontokkan dosa-dosa kita, sehingga ilmu yang disampaikan para guru mudah diterima dan dipahami. Adab lain yang perlu dijaga adalah pamit dan berjabat tangan dengan orang tua, buatlah orang tua tersenyum saat berpamitan, dan selalu membiasakan salat berjamaah. Perilaku ini adalah tonggak awal mewujudkan kalian menjadi siswa yang pinter, bener, dan pener, tegas kyai yang biasa disapa Pak Aladin ini.

Selanjutnya, dalam koridor, syarat mencari ilmu adalah niat yang baik dan lurus dan belajar dengan bersungguh sungguh (manjadda wa jada). Selain itu harus didukung rejeki yang halal dan doa orang tua. Pengajinan diakhiri dengan sholawat dan sholat ashar berjamaah. (anr/smd)

Berita Lainnya
Senin, 6 Februari 2017, 07:47

Hadapi UN MTsN 2 Kulon Progo Gandeng Primagama

Senin, 21 November 2016, 14:06

LDK MTsN Janten: Wujudkan OSIS yang Eksis dan Dinamis

Senin, 21 November 2016, 09:05

Madrasah Ikut Peduli Sampah

Senin, 14 November 2016, 10:01

Dua Guru MTsN Janten Seminarkan Hasil PTK

Senin, 14 November 2016, 09:04

Penggalang MTsN Janten Raih Emas dalam Lomba Teknologi Tepat Guna