Selasa, 18 April 2017, 19:34

MAN 1 Kulonprogo Kemah di Buper Memorial Camp

(Kulonprogo) MAN 1 Kulonprogo (Mansaku) menggelar kegiatan Perkemahan Bhakti Karya Pramuka. Kegiatan tersebut mengambil tema Pramuka Mansaku yang mandiri, adil, disiplin, nuhoni, elok, sopan, dan kreatif. Kegiatan perkemahan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Memorial Camp Sentolo. Kemah dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (14-16/4).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X (anggota pramuka penegak) yang berjumlah 211. Serta dibagi dalam 27 sangga dengan rincian 9 sangga pendobrak, 9 sangga perintis, serta 9 sangga pencoba.

Kegiatan perkemahan di buka oleh Kepala MAN 1 Kulonprogo Khoiriyatun, M.Sc. Dalam sambutannya kepala madrasah menekankan tentang arti pentingnya perkemahan yang merupakan bentuk kegiatan yang dilaksanakan di alam terbuka. Sehingga konsekuensinya kita harus belajar dari alam semesta serta masyarakat sekitar. "Oleh karena itu kita perlu menjaga komunikasi serta toleransi dengan masyarakat sekitar," pinta Khoiriyatun.

Secara terpisah Ketua Panitia Subarjo, S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan kemah ini secara umum bertujuan untuk mendidik generasi muda agar mandiri, disiplin serta mempunyai mental yang tangguh.Sedangkan untuk materi kegiatan antara lain: lomba hasta karya, praktik merawat jenazah, lomba cerdas cermat pramuka, muhasabah tadabur kauni, jelajah alam, lomba masakan tradisional, praktik manasik haji, bakti lingkungan, lomba PBB, P3K. "Serta yang pasti seru adalah kreativitas seni dan Outbond," terang Barjo.

Pembina Pramuka MAN 1 Kulonprogo, M. Nur Habibi, S.Pd., mengatakan bahwa tujuan Pertika Mansaku adalah untuk meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, melatih kemandirian, keterampilan, dan peka terhadap lingkungan. "Serta yang tidak kalah penting adalah evaluasi kegiatan pramuka dalam satu tahun," ucap Habibi.(bjw)

Berita Lainnya
Jumat, 3 Maret 2017, 21:15

Siswa MAN 1 Kulon Progo Unjuk Kemampuan di AKSIOMA

Kamis, 23 Februari 2017, 09:46

Jelang UNBK MAN 1 Kulon Progo Hadirkan Motivator Unggul

Selasa, 3 Januari 2017, 23:19

MAN Wates 1 Bagi Ratusan Doorprize dalam HAB KEMENAG ke-71

Rabu, 23 November 2016, 12:00

Serah Terima Jabatan Kepala Madrasah di MAN WATES 1

Senin, 14 November 2016, 21:25

17 Emas Diraih Atlet PORKAB MAN Wates 1