Selasa, 18 April 2017, 14:49

Sosialisasi Program Jurusan, Warnai Rapat Dinas Rutin MAN 3 Bantul

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Rutin 17-an Paparkan Program 4 Jurusan di MAN 3 Bantul Senin (17/4)

Bantul (MAN 3 Bantul) -- Dengan selesainya pelaksanaan UNBK Senin-Kamis (10-13/4) yang lalu maka berakhir pula Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) MAN 3 Bantul khususnya untuk kelas XII. Sementara itu untuk kelas X dan XI masih menyelesaikan KBM sampai Juni 2017. Seiring dengan akan segera berakhirnya pembelajaran di semester genap tersebut, MAN 3 Bantul menyelenggarakan Rapat Dinas rutin 17-an Senin (17/4) diikuti seluruh guru dan pengelola pendidikan di aula madrasah.

Rapat diawali dengan sambutan kepala madrasah Ali Asmui SAg MPd yang menyampaikan pesan tentang persiapan menghadapi pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap yang akan dilaksanakan Sabtu-Sabtu (22-29/4) dan juga Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) di bulan Mei bagi kelas X dan XI. Pendampingan siswa kelas XII pasca ujian dalam rangka persiapan lanjut study juga termasuk agenda yang disampaikan dalam rapat dinas tersebut.

Disamping itu Ali juga menambahkan tentang rencana restrukturisasi jabatan yang berkenaan dengan tugas untuk membantu kepala madrasah dalam mengelola pelaksanaan penddikan di madrasah. "Nantinya kami akan merestrukturisasi jabatan sehingga diharapkan semua mampu melaksanakan tanggung jawab dalam tugas yang diamanahkan, tidak hanya menguasai dalam jabatan tertentu saja," ungkapnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut juga dipaparkan program jurusan yang telah diagendakan masing masing jurusan meliputi jurusan Keagamaan, Bahasa dan Budaya (BB), MIPA dan IPS. Ketua jurusan MIPA Sumarna MPd selain memaparkan visi misi juga memaparkan program jurusan MIPA diantaranya pembuatan power bank, launcher, berkebun dengan hydroponic, pembuatan sabun cair dan balsem. Dalam paparannya Sumarna juga menyampaikan estimasi rincian dana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program tersebut serta sumber dana yang diharapkan.

Sementara itu untuk jurusan BB, Eka Rahmawati MPd selaku ketua jurusan bahasa menyampaikan visi misi serta program pengembangan minat bakat kebahasaan dan budaya meliputi 5 bahasa yakni inggris, Jepang, Arab, Indonesia dan Jawa. Selain itu juga perencanaan program pembekalan siswa dalam skill berbahasa melalui pelatihan maupun hunting tourist dari berbagai negara.

Jurusan IPS yang diketuai Widi Hastuti MSI memaparkan visi misi dan program jurusan IPS diantaranya pelaksanaan repro, market day, pengembangan koperasi dan juga study banding untuk menambah wawasan perkoperasian. Widi juga menambahkan jurusannya merencanakan mengikutkan siswa untuk mengikuti berbagai lomba diantaranya sosiologi, Lomba Cerdas Cermat PKN baik untuk tingkat regional maupun nasional.

Sedangkan ketua jurusan Keagamaan Choir Rosyidi MPd menyampaikan visi misi dan program jurusan diantaranya pelaksanaan PHBI, wisuda tahfidz, tadarus nuqodaman dan juga matrikulasi baca tulis Al Quran untuk siswa baru.

Rapat dinas yang dihadiri seluruh guru dan pegawai tersebut diakhiri dengan diskusi. Diskusi yang dipandu Wakabid Humas Drs Syamsul Huda memberikan kesempatan guru dan pegawai untuk menyampaikan usulan, ide dan juga pendapat guna kemajuan madrasah dan juga evaluasi program yang sudah dilaksanakan untuk untuk pengembangan program berikutnya. Beberapa permasalahan yang disampaikan dijawab kepala madrasah dan wakil kepala. Sedangkan usulan dan ide dibahas bersama sama dalam rapat tersebut. (lif)

Berita Lainnya
Jumat, 28 April 2017, 17:49

Tim Futsal MAN 3 Bantul Juara di STTKD CUP 2017

Jumat, 28 April 2017, 15:29

Siswa MAN 1 Sleman Produksi Film Dokumenter

Jumat, 28 April 2017, 10:19

Komunitas Ropaji MAN 4 Bantul Tandai Akhir Studi dengan Outbond Darling

Kamis, 27 April 2017, 14:33

MAN 4 Bantul Lolos Menuju Babak Final LKTI Kemenag 2017

Kamis, 27 April 2017, 07:46

Rombongan Diklat Pim III Kemenag RI Kunjungi MAN 1 Yogyakarta