Senin, 17 April 2017, 09:16

MAN 2 Kulon Progo Sukses Gelar Career Day and Job Fair, MANDAKU Sarat Prestasi

Suasana Career Day and Job Fair serta kunjungan studi banding Adiwiyata dari Sleman.

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo-MANDAKU) - Sehari usai pelaksanaan UNBK, MAN 2 Kulon Progo kembali menggelar Career Day and Job Fair 2017 di aula dan halaman utama Kampus I pada Sabtu (15/4). Diikuti 30 perguruan tinggi, lembaga pendidikan, dan perusahaan multinasional, acara berlangsung sukses. "Madrasah selalu mencetak alumni yang berakhlak mulia sehingga ketika mereka menjadi mahasiswa atau bekerja, mereka bisa menyesuaikan dan akan membawa nama baik tempat dimana berada. Hal ini diperkuat dengan keputusan raker kemenag awal 2015 lalu bahwa MAN 2 Kulon Progo sebagai rintisan madrasah unggul untuk jenjang MA. Dipilihnya madrasah ini karena selain sudah terakreditasi A, bersertifikat adiwiyata, dan banyak prestasi, juga telah mampu memperluas jaringan kerja sama terutama yang dibutuhkan siswa dan alumni." Demikian dituturkan Drs H Edi Gunawan MPdI saat memberi sambutan dan membuka acara.


Sementara itu Anita Isdarmini SPd MHum dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh perguruan tinggi atau perusahaan yang turut berpartisipasi menyukseskan acara tersebut. "Berbagai prestasi terbaru yang dicapai awal bulan ini yakni peringkat ke-3 (IPA) untuk nilai UAMBN MAN se-DIY dan peringkat 4 untuk IPS. Dua siswa (Safira Hanan Nafiah dan Indri Putri Asmarani) juga tengah mengikuti bimtek karya tulis ilmiah sebagai langkah persiapan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2017, Elsa Afnan juga lolos seleksi Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional yang akan dilaksanakan di Bangka pada 14 19 Mei 2017, dan seminggu lagi Perpustakaan MAN 2 Kulon Progo akan diverifikasi untuk lomba perpustakaan tingkat provinsi," tambah Anita memompa semangat seluruh stakeholder MAN 2 Kulon Progo dan meminta dukungan doa dari seluruh yang hadir untuk kesuksesan selanjutnya.
Agenda tahunan ini digelar dalam rangka memfasilitasi siswa terutama kelas XII dalam memberikan wawasan tentang perguruan tinggi dan dunia kerja. "Kami juga mengundang siswa-siswa dari sekolah lain di Kulon Progo. Berharap even ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bisa menentukan pilihan dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau mengembangkan karier bekerja bagi yang tidak meneruskan ke perguruan tinggi," papar Humas MAN 2 Kulon Progo, Drs Amir Maruf MA.
Usai memberikan sambutan Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY didampingi Kasi Dikmad Kankemenag Kota Yogyakarta Ahmad Fauzi SAg MSi serta kepala madrasah kemudian berkeliling mengunjungi stan. Seluruh siswa secara bergantian mulai dari kelas XII juga berkeliling ke seluruh stan mengikuti jalur yang sudah dibuat, disusul kemudian kelas XI dan X. Masing-masing membawa form untuk diisi informasi dari stan-stan yang dikunjungi dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Selanjutnya hasil perburuan informasi tersebut bisa ditukar dengan undian doorprize.
Dalam waktu yang bersamaan MAN 2 Kulon Progo juga menerima kunjungan 44 guru dari RA, MI, SMP, SMK, Ponpes, dan PKBM Sleman Yogyakarta. Di bawah bimbingan dan pendampingan dari Fauzi, mereka datang untuk belajar bersama dan studi banding dalam rangka sekolah Adiwiyata Nasional. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampui. Mungkin peribahasa ini merupakan gambaran yang tepat untuk kunjungan tamu-tamu tersebut. Diterima di Perpustakaan Kedai Ilmu MAN 2 Kulon Progo, mereka juga belajar tentang manajemen, pelayanan, hingga penataan perpustakaan yang (22/3) lalu maju akreditasi nasional dan (12/4) Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan BPAD Kulon Progo.
Perguruan tinggi yang ikut menyukseskan Career Day and Job Fair 2017 antara lain UMY, UAD, UST, UNRIYO, STIKES Aisyiah, UPY, UJB, STTNas, ALMA ALTA, STIE SBI, STIE Widya Wiwaha, STIMIK Ahmad Yani, Akademi Farmasi Indonesia, STIE IEU, AMIKOM, Politeknik LPP, UMBY, STIE Pariwisata Api, Primagama, Magistra Utama, dll. Kegiatan ini juga mendapat perhatian dan dukungan dari sejumlah alumni yang telah kuliah baik di PTN maupun swasta yang mengikuti acara dari awal hingga akhir. Acara ditutup dengan pembagian doorprize yang disediakan panitia dan juga sumbangan dari beberapa perguruan tinggi yang terlibat. (ast)

Berita Lainnya
Jumat, 28 April 2017, 17:49

Tim Futsal MAN 3 Bantul Juara di STTKD CUP 2017

Jumat, 28 April 2017, 15:29

Siswa MAN 1 Sleman Produksi Film Dokumenter

Jumat, 28 April 2017, 10:19

Komunitas Ropaji MAN 4 Bantul Tandai Akhir Studi dengan Outbond Darling

Kamis, 27 April 2017, 14:33

MAN 4 Bantul Lolos Menuju Babak Final LKTI Kemenag 2017

Kamis, 27 April 2017, 07:46

Rombongan Diklat Pim III Kemenag RI Kunjungi MAN 1 Yogyakarta