Senin, 11 Januari 2016, 11:04

Tata Cara Pengiriman Berita

Dengan hormat disampaikan kepada seluruh pengirim berita pada satuan kerja mulai Kankemenag Kabupaten/Kota, MAN/S, MTsN/S, MIN/S, KUA, dan pondok pesantren serta lembaga lain yang berkaitan dengan Kementerian Agama, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusinya di website http://yogyakarta.kemenag.go.id Kanwil Kementerian Agama DIY.

Pada tahun 2016 ini, kita akan meningkatkan mutu/kualitas website, termasuk kualitas berita. Untuk itu kami mengundang kepada Anda semua untuk berpartisipasi aktif menulis berita di website http://yogyakarta.kemenag.go.id.

Kepada pengirim berita dimohon dapat mematuhi aturan sebagai berikut ini:

1) Berita harus memenuhi unsur 5W+1H:

What: kegiatan APA yang terjadi;

Why: MENGAPA dilakukan;

Where: DIMANA tempatnya?;

When: KAPAN dilakukan/terjadi?;

Who: SIAPA pejabat/tokoh/narasumbernya?) dan

H (How: BAGAIMANA jalannya/prosesi kegiatannya?). Usahakan berita yang Anda kirim dapat memenuhi kriteria tersebut.

2) Ditulis dalam bentuk Ms Word Times New Roman ukuran font 12

3) Judul berita gunakan huruf kapital hanya untuk kata depan, singkat, lancar, jelas dan informatif. Seperti judul berita di media massa atau harian online yang ada di sekitar kita. Contoh: Resmikan Gedung Baru Madrasah, Kakanwil Pesan 3 Hal

4) Isi berita disusun per paragraf (setiap paragraf berisi 3-7 baris). Usahakan paragraf pertama memuat gagasan/informasi paling penting dari berita tersebut. Misalnya: kutipan dari pejabat atau hal inti yang terjadi atau rencana yang akan dilakukan atau lain sebagaina. Sementara jumlah peserta, bertempat di, hari/tanggal dapat ditaruh di bagian akhir paragraf pertama atau bagian lainnya.

5) Gunakan tata cara penulisan sesuai EYD

6) Berita wajib menyertakan kutipan langsung ucapan/pernyataan dari pejabat/tokoh/narasumber.

7) Tata cara penulisan hari dan tanggal seperti ini:

Contoh Hari Senin 11 Januari 2016, maka cukup ditulis:

Senin (11/1). Tidak perlu ditulis: Hari Senin (11/1)

8) Berita wajib disertai foto. Foto boleh lebih dari 1; ukurannya minimal 200 kb. Usahakan foto yang disertakan terang/tidak gelap, gambar jelas tidak kabur.

9) Di bagian akhir paragraf harus mencantumkan inisial nama penulis berita (dalam kurung), yakni dengan 3 huruf. Contoh: (bap). Isi berita menjadi tanggung jawab penulis bersangkutan. Sertakan juga nomor ponsel yang mudah dihubungi.

10) Silakan kirim (teks berita dan foto dilampirkan; foto jangan dijadikan satu dengan naskah dalam bentuk Ms Word) via email: beritakanwil@gmail.com

11) Apabila berita yang Anda kirim tidak tayang di website yogyakarta.kemenag.go.id dalam jangka waktu 324 jam pasca-pengiriman email silakan hubungi via sms untuk konfirmasi: 085228166889 [Bram Humas Kanwil Kemenag DIY]

12) Sebelum mengirim berita, usahakan periksa ulang jangan sampai ada tanda baca, huruf atau data yang salah.

13) Catatan Tambahan: Tolong perhatikan detail tata cara pengiriman berita di atas. Semua berita yang kami terima sepenuhnya menjadi hak kami untuk mengeditnya tanpa mengubah substansi inti sekaligus kami berhak menyetujui/tidak tampil di website.

Demikian pemberitahuan dari kami, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih. Sukses selalu untuk kita semua. SELAMAT TAHUN BARU 2016.

Ingat, orang boleh pandai setinggi langit, namun jika ia tidak menulis akan hilang dari pusaran sejarah.

Salam hormat!

Tim Website

Subbagian Informasi dan Humas

Kanwil Kemenag DIY

Telp: [0274] 513492 Twitter: @Kemenag_DIY