Senin, 20 Februari 2012, 15:06 –
FESTIVAL SENI TRADISIONAL ISLAMI

Hasil Kejuaraan Festival Seni Tradisional Islami dan Nasyid Usaha untuk mengembalikan nilai-nilai dakwah Islam dalam tradisi sekaten terus diupayakan oleh Bidang Penamas, salah satunya melalui penyelenggaraan festival seni tradisional Islami dan Nasyid. Kegiatan ini sengaja dirancang bertepatan dengan seminggu terakhir Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) dengan maksud untuk menguatkan nuansa Islami dalam PMPS yang dalam sejarahnya memang syarat dengan nilai seni dan agama Islam.

Festival ini dimulai pada tanggal 30 Januari 2012 hingga tanggal 4 Februari 2012 dari jam 19.00 WIB s.d. 21.00 di panggung kesenian arena PMPS, Alun-alun Utara Yogyakarta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, festival tahun ini tidak hanya menampilan kelompok hadroh maupun nasyid, namun ditambah dengan festival bintang vokalis untuk kategori vokalis remaja dan dewasa, baik putra maupun putri. Hal ini merupakan langkah awal penjaringan vokalis dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang harapannya kelak dapat dikirimkan sebagai duta DIY dalam ajang Pemilihan Duta Qosidah dan Bintang Vokalis Qosidah/Gambus se Indonesia tahun 2012.

Adapun Dewan Yuri yang hadir dalam festival tersebut terdiri dari unsur Kanwil Kementerian Agama DIY dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Setelah melakukan sidang, dewan yuri yang dikoordinatori oleh Drs. H. Imron Rosyid memutuskan hasil kejuaraan dari festival tersebut sebagai berikut: Seni Tradisional Islam: Juara I Darun Najah (Sleman), II Syauqul Muhibbin (Kota Yogya), III Nawahand (Gunungkidul). Bintang Vokalis Remaja Putra : Juara I ROni Abdul Aziz, II Lintang Wijanarko (Yogyakarta), III Muh Ainur Huri (Sleman). Bintang Vokalis Remaja Putri : Juara I Sulistyoningsih (GUnungkidul), II Hari Rahmawati w (Kulon Progo), III Wahyu Tri Utami. Bintang Vokalis Dewasa Putra : Juara I Yahmadi (Sleman), II Ali Shodiqin (Kulon Progo), III Hanafi Prasetyo (Yogyakarta). Bintang Vokalis Remaja Putri : Juara I Deni Widi A (Kulon Progo), Rina Laily (Sleman), Yunita Lutfiana (Yogyakarta)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.009623 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 1126476
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.