Senin, 9 Januari 2012, 12:00 –
SARASEHAN FKUB

Pentingnya membangun ruang publik kerukunan umat beragama di tingkat Desa/Kelurahan, demikian sebuah tema dalam sarasehan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul. Ponijo, S.Ag, M.Pd.I Pranata Humas Kantor Kemenag Bantul melaporkan sarasehan diikuti oleh Dewan Penasehat, dan pengurus FKUB Kabupaten Bantul, Kepala KUA, tokoh agama, tokoh masyarakat di Kabupaten Bantul bertujuan sebagai sarana silaturrahmi dan dialog; Penguatan peran majelis agama dan organisasi keagamaan dalam membina kerukunan antar umat beragama; Membangun komunikasi dialogis antar majelis agama agar terjaga kerukunan antar umat beragama; Sebagai langkah antisipasi terhadap timbulnya konflik antar umat beragama.

Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Abdul Madjid, MA dalam sambutannya mengatakan Forum hendaknya dapat menjadi jembatan penghubung di Internal umat masing-masing. Artinya, masing-masing agama secara vertikal memiliki keyakinan, cara, etika, susila yang dimiliki dan bersifat hakiki. Hal ini merupakan pembeda antara agama yang satu dengan yang lainnya yang harus dihormati. Oleh karena itu FKUB melalui perwakilan di masing-masing agama harus dapat menularkan kerukunan di internal umat, dan menjaga aspek sakralisasi pelaksanaan tradisi keberagamaan masing-masing dengan tetap berpegang pada kaidah agama.

Sidik Pramono, S.Ag Sekretaris FKUB Provinsi DIY, selaku nara sumber menyampaikan beberapa “PR” yang perlu dipikirkan bersama, yakni semakin menipis dan menghilangnya kearifan lokal, ketersingungan akibat penistaan agama masih sering mengemuka, membangun sebuah aksi bersama baik sebagai wahana menjalin kerjasama dan kebersamaan untuk melahirkan saling menghormati dan menghargai. Disinilah pentingnya membangun forum antar tokoh agama di tingkat grassrood sebagai akses komunikasi dalam penyelesaian setiap persoalan yang terjadi. (Jojo)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.608716 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1165521
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.