Selasa, 14 September 2010 –
RUKYATUL HILAL 1 SYAWAL 1431 H

Bertempat di Pos Observasi Hilal di Kompel makam Syekh Bela-Belu Pantai Parangtritis Provinsi D.I. Yogyakarta dilaksanakan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1431 H. Rukyah yang dilaksanakan Rabu (08/09/10) tersebut bertempatan dengan tangal 29 Ramadhan 1431 H.

Kakanwil Drs. H. Afandi, M.Pd.I dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para perukyat yang datang dari berbagai instansi Kementerian Agama (Kan Kemenag Kan/Kota, KUA, UIN) serta perwakilan Ormas Islam (NU dan Muhammadiyah) yang telah bersedia hadir menyaksikan Rukyatul Hilal di POH Syekh Bela-Belu Parangtritis. Disampaikan pula bahwa rukyatul hilal di Yogyakarta ini, akan dijadikan sebagai salah satu rujukan dalam sidang itsbat di Jakarta.

Perwakilan dari Pengadialan Agama Muhammad Jalaludin menyampaikan berbagai hal diantaranya mengapa masih perlu dilakukan Rukyatul Hilal karena sudah ada teknologi dengan metode hisab. Disampaiakan bahwa metode rukyah telah jelas disampaiakan dalam hadis Nabi, dan juga posisi metode rukyat dan hisab hendaknya saling melengkapi dan jangan berdisi sendiri sehingga mengakibatkan perpecahan dan kebingungan di kalangan masyarkat luas.

Hasil dari perhitungan Tim Badan Hisab Rukyat Provinsi D.I. Yogyakarta memeprlihatkan bahwa posisi bulan akan terbena terbenam terlebih dahulu daripada matahari, sehingga kemungkinan hilal akan terlihat hampir mustahil. Sedangkan cuaca di Yogyakarta pada saat tersebut mendung sehingga kemungkinan hilal terlihat dengan amta telanjang juga sangat kecil.Fz

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.011744 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1007955
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.