Senin, 22 Oktober 2012 – Kankemenag
WORKSHOP/ORIENTASI TATA PERSURATAN DAN KEARSIPAN

Tugas dan Fungsi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo dalam Tata Persuratan dan Kearsipan adalah melakukan pelayanan dan pembinaan sesuai KMA Nomor 373 tahun 2002. Selain itu juga melakukan Peningkatan Kualitas Pengelolaan Tata Persuratan Kearsipan anatara lain dengan melaksanakan : Workshop dan Orientasi/Pembinaan, Peningkatan Fasilitas sarana Pendukung dan Penertiban Tata Persuratan Kearsipan sesuai aturan yang berlaku. Hal ini disampaikan H Basori Alwi SAg MA, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo dalam Workshop dan Orientasi Tata Persuratan Kearsipan yang berlangsung di Hotel Pandan Sari kawasan Pantai Glagah Indah, Temon, Kulonprogo pada senin (15/10) sampai rabu (17/10).

Lebih lanjut Basori menyampaikan tentang Kewenangan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo. Diantaranya mengarahkan dan mengendalikan serta mengelola tata persuratan, memusnahkan arsip sesuai jadwal retensi arsip, memberikan bimbingan kegiatan tata persuratan dan kearsipan pada KUA dan Madrasah. Kondisi kearsipan saat ini penympanannya belum teratur, belum ada penyusutan arsip in aktif, pemusnahan belum sesuai jadwal retensi, pengelola belum paham aturan pengelolaan arsip, belum ada tenaga fungsional kearsipan.

Sementara itu, Sri Nardiati dari Balai Bahasa Yogyakarta, dengan materi Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Sri Nardiati menjelaskan bahwa bahasa surat dinas itu harus jelas, lugas, komunikatif, tidak kabur dan tidak ambigu. Selain itu, surat dinas juga harus mengandung unsur-unsur kepala surat, nomor dan hal, tanggal, alamat tujuan, salam pembuka, isi, salam penutup, penanggung jawab isi, tembusan dan inisial.

Dalam perkembangan jaman saat ini kita juga harus bisa memanfaatkan teknologi informasi. Untuk itu perlu dipahami juga tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sesuai Undang-undang Nomor 11 tahun 2008. Hal ini dilakukan juga tetap dalam kaidah mengikuti Prosedur Tata Persuratan Dinas (Pengurusan Surat). (Gerry)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.027066 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.4
Jumlah pengunjung: 1104385
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.