Jumat, 8 Februari 2013, 04:11
BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH

Bidang Pendidikan Madrasah mempunyai tugas melaksanakan pelayanan, bimbingan, dan pembinaan, dan pengelolaan sistem informasi di bidang pendidikan madrasah berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama.

VISI DAN MISI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD)

VISI : Terwujudnya madrasah yang Unggul, Kompetitif dan Rahmatan lil ‘alamin.

Indikator Visi:

Panca Prestasi Madrasah:

  1. Prestasi Akhlak Mulia
  2. Prestasi Ilmu Keagamaan
  3. Prestasi Sains dan Teknologi
  4. Prestasi Bahasa dan Budaya
  5. Prestasi Olah Raga dan seni

Lima indikator Islam menjadi rahmatan lilalamin:

Islam menjadi rahmat jika mampu mendatangkan kemanan dan kedamaian untuk:

  1. benda mati,
  2. tumbuhan,
  3. hewan,
  4. manusia dan
  5. alam ghaib.

MISI :

  1. Meningkatkan pelayanan dan bimbingan pada Kurikulum dan evaluasi
  2. Meningkatkan pelayanan dan bimbingan pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  3. Meningkatkan pelayanan dan bimbingan pada Sarana dan prasarana
  4. Meningkatkan pelayanan dan bimbingan pada Kesiswaan
  5. Meningkatkan pelayanan dan bimbingan pada Kelembagaan dan Sistem Informasi

Bidang Pendidikan Madrasah menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan perumusan kebijakan teknis dan perencanaan di bidang pendidikan madrasah;
  2. Pelaksanaan pelayanan, bimbingan, dan pembinaan di bidang kurikulum dan evaluasi, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengembangan potensi siswa, kelembagaan, kerja sama, dan pengelolaan sistem informasi pendidikan madrasah; dan
  3. Evaluasi dan penyusunan laporan di Bidang Pendidikan Madrasah.

Susunan Organisasi Bidang Pendidikan Madrasah:

KEPALA BIDANG: Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I

Uraian Tugas:

Memimpin pelaksanaan tugas di lingkungan Bidang Pendidikan Madrasah:

  1. Melaksanakan perumusan dan penetapan sasaran, program dan kegiatan Bidang DIKMAD
  2. Membagi tugas, menggerakkan, mengarahkan, membimbing dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Bidang DIKMAD
  3. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan
  4. Melaksanakan pelayanan, bimbingan, pembinaan di bidang kurikulum dan Evaluasi
  5. Melaksanakan pelayanan,bimbingan, pembinaan di bidang Tenaga Pendidik dan Tenaga kependidikan
  6. Melaksanakan pelayanan, bimbingan, pembinaan di bidang sarana dan Prasarana
  7. Melaksanakan pelayanan, bimbingan, pembinaan di bidang Kesiswaan
  8. Melaksanakan pelayanan, bimbingan, pembinaan di bidang kelembagaan dan Sistem informasi
  9. Merumuskan bahan penyusun visi, misi kebijakan dan kegiatan dalam hal bidang DIKMAD
  10. Melaksanakan penelaahan dan pemecahan masalah serta pengembangan sistem dan teknis pelaksanaan tugas bidang DIKMAD
  11. Menyusun bahan perumusan visi, misi, dan kebijakan di bidang DIKMAD
  12. Mempelajari dan menilai/mengkoreksi laporan hasil kerja/pelaksanaan tugas bawahan
  13. Melaksanakan kerjasama dengan unit kerja terkait di bidang DIKMAD
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan
  15. Melaporkan proses dan hasil pelaksanaan tugas

2.       SEKSI PADA BIDANG DIKMAD

a.        Seksi Kurikulum dan Evaluasi (Kepala Seksi: H. Nadhif,S.Ag, MSi) mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pelayanan,bimbingan teknis, dan pembinaan di bidang kurikulum dan evaluasi pada RaudlatulAthfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), MadrasahAliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

URAIAN TUGAS:

  1. Memimpin pelaksanaan tugas di lingkungan seksiKurikulum dan Evaluasi
  2. Melakukan perumusan dan penetapan sasaran,program dan kegiatan di Seksi kurikulum dan evaluasi
  3. Membagi tugas, menggerakkan, mengarahkan,membimbing dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas seksi
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadappelaksanaan tugas bawahan
  5. Melakukan pelayanan dan bimbingan tekniskurikulum dan Evaluasi

PENGEMBANGAN TEKNISPELAKSANAAN TUGAS:

  1. Memproses dan mendokumentasikansurat-surat/peraturan dan menginventarisir data yang berkaitan dengan kurikulumdan evaluasi .
  2. Menyusun rencana kegiatan, menghimpun, mengolahserta menyajikan laporan kegiatan berkaitan dengan kurikulum dan evaluasi .
  3. Sosialisasi dan implementasi peraturan, permen,surat edaran berkaitan dengan kurikulum dan evaluasi
  4. Bimbingan perangkat persiapan kegiatanpembelajaran (Silabus, RPP dan penggunaan metode pembelajaran).
  5. Mengusahakan dan mendistribusikan naskahKurikulum dan evaluasi .
  6. Bimbingan pembelajaran dan pengembangankurikulum dan evaluasi di Madrasah
  7. Meningkatkan kerjasama dengan Instansi ataulembaga terkait dalam pelaksanaan Kurikulum dan evaluasi di Madrasah.
  8. Mengkoordinasikan pengiriman peserta, Memberikanusul dan saran Kepala Bidang berkaitan dengan tugas
  9. Menyelenggarakan dan atau menghadiri Workshop,seminar, diklat, rapat koordinasi berkaitan dengan kurikulum dan evaluasi .
  10. Pendataan dan menginventarisir peserta ujianmadrasah dan UN dilingkungan madrasah
  11. Mengkoordinasikan penyusunan kisi-kisi soal dannaskah soal madrasah Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan danmonitorinUjian Semesteran, UAS, UN, dengan instansi terkait
  12. Inventarisasi, menganalisis dan menyusunrangking Evaluasi Hasil Belajar Siswa dari ujian semesteran, UAS, UN dimadrasah
  13. Inventarisasi laporan dari kegiatan kepengawasandan evaluasi di madrasah
  14. Mengkoordinasikan penyusunan instrumenkepengawasan dan kegiatan kepengawasan di madrasah
  15. Mengkoordinasikan pengembangan sistem evaluasimata pelajaran di madrasah
  16. Mengkoordinasikan usulan, kegiatan danpenyaluran bantuan dana kegiatan
  17. Mengkoordinasikan Kegiatan Forum Komunikasi WakaKurikulum
  18. Melaksanakan Supervisi dan Evaluasi KegiatanKurikulum dan Evaluasi

 

b.        Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Imam Khoiri, S.Ag) mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pelayanan,bimbingan teknis, dan pembinaan di bidang pendidik dan tenaga kependidikan padaRA, MI, MTs, MA, dan MAK.

URAIAN TUGAS:

  1. Memimpin pelaksanaan tugas di lingkungan seksiPTK
  2. Melakukan perumusan dan penetapan sasaran,program dan kegiatan di seksi PTK
  3. Membagi tugas, menggerakkan, mengarahkan,membimbing dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Seksi PTK
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaantugas Staf
  5. Melakukan bimbingan dan pelayanan PTK
  6. Melakukan penelaahan dan pemecahan masalahsertapengembangan sistem dan teknis pelaksanaan tugas
  7. Mempelajari dan menilai/mengoreksi laporan hasilkerja/pelaksanaan tugas Staf
  8. Melakukan perumusan bahan penyusunan visi, misidan kebijakan pimpinan Seksi PTK
  9. Melakukan kerjasama dengan unit kerja terkait diSeksi PTK
  10. Melakukan tugas lain yang diberikan olehpimpinan
  11. Melaporkan proses dan hasil pelaksanaan tugas

PENGEMBANGAN TEKNISPELAKSANAAN TUGAS:

  1. Memproses dan mendokumentasikansurat-surat/peraturan PTK
  2. Menyusun rencana kegiatan, menghimpun, mengolahmenyajikan data PTK
  3. Sosialisasi dan implementasi peraturan, permen,surat edaran berkaitan dengan PTK
  4. Menginventarisir data yang berkaitan dengan PTK
  5. Mendata Beasiswa bagi Pendidik
  6. Pendataan sertifikasi Guru RA dan Madrasah
  7. Pembinaan bagi PTK
  8. Mengusulkan kesejahteraan/insentif bagi PTK
  9. Kerjasama dengan Instansi atau Lembaga lainterkait PTK
  10. Mengkoordinasikan pengiriman peserta,Menyelenggarakan dan atau menghadiri Workshop, seminar, diklat, rapatKoordiansi berkaitan dengan PTK
  11. Seleksi pemilihan Guru berprestasi RA danMadrasah
  12. Melakukan PAK guru RA dan Madrasah
  13. Mengkoordinasikan Penilaian KTI (Karya TulisIlmiyah Guru)
  14. Mengkoordinasikan UKG, PKG dan PKB
  15. Melaksanakan Supervisi dan Evaluasi Kegiatan PTK
  16. Memberikan usul dan saran Kepala Bidangberkaitan dengan tugas

c.         Seksi Sarana dan Prasarana (Achmad Fauzi, S.Ag,M.Si) mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pelayanan,bimbingan teknis, dan pembinaan di bidang sarana dan prasarana pada RA, MI,MTs, MA, dan MAK.

URAIAN TUGAS:

  1. Memimpin pelaksanaan tugas di lingkungan seksisarpras
  2. Melakukan perumusan dan penetapan sasaran,program dan kegiatan seksi sarpras
  3. Membagi tugas, menggerakkan, mengarakan,membimbing dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Seksi Sarpras
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaantugas Staf
  5. Melakukan bimbingan dan pelayanan administrasipengolahan sarpras
  6. Melakukan penelaahan dan pemecahan masalah sertapengembangan sistem dan teknis pelaksanaan tugas
  7. Mempelajari dan menilai/mengoreksi laporan hasilkerja/pelaksanaan tugas Staf
  8. Melakukan perumusan bahan penyusunan visi, misidan kebijakan pimpinan di seksi sarpras
  9. Melakukan kerjasama dengan unit kerja terkait diseksi sarpras
  10. Melakukan tugas lain yang diberikan olehpimpinan
  11. Melaporkan proses dan hasil pelaksanan tugas

PENGEMBANGAN TEKNISPELAKSANAAN TUGAS:

  1. Memproses dan mendokumentasikan surat-surat/peraturan berkaitan dengan sarpras
  2. Menyusun recana kegiatan, menghimpun, mengolahmenyajikan data sarpras
  3. Sosialisasi dan implementasi peraturan, permen,surat edaran berkaitan dengan kurikulum sosialisasi dan implementasi peraturan,permen, surat edaran berkaitan dengan Sarpras
  4. Menginventarisir data yang berkaitan denganSarpras
  5. Mendistribusikan buku-buku penunjangpembelajaran dan buku perpustakaan RA dan Madrasah
  6. Mendistribusikan alat-alat peraga pembelajaranuntuk RA dan Madrasah
  7. Pendataan, penambahan dan rehabilitasi saranadan prasarana RA dan Madrasah
  8. Mengkoordinasikan lomba pembuatan alat-alatperaga pembelajaran di RA dan Madrasah
  9. Menyebarluaskan pedoman, petunjuk pelaksanaanpendidikan di RA dan Madrasah
  10. Mengkoordinasikan pengiriman poeserta,Menyelenggarakan dan atau menghadiri Workshop, seminar, diklat, rapatkoordinasi berkaitan dengan sarpras
  11. Mengkoordinasikan Forum Komonikasi WakaKesiswaan
  12. Melaksanakan Supervisi dan Evaluasi KegiatanSarpras
  13. Memberikan usul dan sarana kepada Kepala Bidangberkaitan dengan tugas

d.        Seksi Kesiswaan (Fahrudin, S.Ag MA) mempunyaitugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pelayanan, bimbingan teknis, danpembinaan di bidang pengembangan potensi siswa pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK.

URAIAN TUGAS:

  1. Memimpin pelaksanaan tugas di lingkungan seksiKesiswaan
  2. Melakukan perumusan dan penetapan sasaran,program dan kegiatan seksi Kesiswaan
  3. Membagi tugas, menggerakkan, mengarakan,membimbing dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Seksi Kesiswaan
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaantugas Staf
  5. Melakukan bimbingan dan pelayanan administrasipengolahan Kesiswaan
  6. Melakukan penelaahan dan pemecahan masalah sertapengembangan sistem dan teknis pelaksanaan tugas
  7. Mempelajari dan menilai/mengoreksi laporan hasilkerja/pelaksanaan tugas Staf
  8. Melakukan perumusan bahan penyusunan visi, misidan kebijakan pimpinan di seksi Kesiswaan
  9. Melakukan kerjasama dengan unit kerja terkait diseksi Kesiswaan
  10. Melakukan tugas lain yang diberikan olehpimpinan
  11. Melaporkan proses dan hasil pelaksanan tugas

PENGEMBANGAN TEKNISPELAKSANAAN TUGAS:

  1. Memproses dan mendokumentasikan surat-surat/peraturan berkaitan dengan Kesiswaan
  2. Menyusun recana kegiatan, menghimpun, mengolahmenyajikan data Kesiswaan
  3. Sosialisasi dan implementasi peraturan, permen,surat edaran berkaitan dengan kurikulum sosialisasi dan implementasi peraturan,permen, surat edaran berkaitan dengan kesiswaan
  4. Menginventarisir data yang berkaitan denganKesiswaan
  5. Menyebarluaskan /mendistribusikan pedoman, petunjuk, peraturan yang berkaitan dengan Kesiswaan
  6. Mengkoordinasikan Seleksi/lomba Kesiswaan danKepramukaan
  7. Mengkoordinasikan pengiriman poeserta,Menyelenggarakan dan atau menghadiri Workshop, seminar, diklat, rapatkoordinasi berkaitan dengan Kesiswaan
  8. Mendata BOS, BKM, Beasiswa bagi siswa
  9. Pembinaan kegiatan OSIS dan Kepramukaan
  10. Seleksi pemilihan iswa berprestasi di Madrasah
  11. Mengkoordinasikan kompetisi/olimpiade saint,Porseni, lomba minat baca siswa, lomba empat Bahasa
  12. Mengkoordinasikan kegiatan Pesantren kilat
  13. Mengkoordinasikan Forum Komonikasi WakaKesiswaan
  14. Melaksanakan Supervisi dan Evaluasi KegiatanKesiswaan
  15. Memberikan usul dan sarana kepada Kepala Bidangberkaitan dengan tugas

e.        Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah(Drs. Akhmad Subkhi, MPd) mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaanpelayanan, bimbingan teknis, dan pembinaan di bidang pengembangan kelembagaan,kerja sama serta pengelolaan sistem informasi pendidikan RA, MI, MTs, MA, danMAK.

URAIAN TUGAS:

  1. Memimpin pelaksanan tugas di lingkungan seksiKelembagaan dan sistem informasi
  2. Melakukan perumusan dan penetapan sasaran,program dan kegiatan Seksi Kelembagaan
  3. Membagi tugas, menggerakan, mengarahkan,membimbing dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Seksi Kelembagaan dan sisteminformasi
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaantugas Staf
  5. Melakukan bimbingan dan pelayanan konsultasi danbimbingan manajemen penyelenggaraan pendidikan pada RA dan madrasah
  6. Melakukan bimbingan dan pelayanan, menfasilitasidan membimbing kegiatan IGRA, K3M, KKG dan MGMP
  7. Melakukan bimbingan dan pelayanan di bidangakreditasi madrasah
  8. Melakukan bimbingan dan pelayanan di bidangsaran dan konsep pedoman pendirian, peningkatan status dan penghapusan madrasah
  9. Melakukan penelaahan dan pemecahan masalah sertapengembangan sistem dan teknis pelaksanaan tugas
  10. Mempelajari dan menilai/mengoreksi laporan hasilkerja/pelaksanan tugas Staf
  11. Melakukan perumusan bahan penyusunan visi, misidan kebijakan pimpinan di seksi Kelambagaan dan sistem informasi
  12. Melakukan kerjasama dengan unit kerja terkait dibidang Kelambagaan dan sistem informasi
  13. Melakukan tugas lain yang diberikan olehpimpinan
  14. Melaporkan proses dan hasil pelaksanan tugas

PENGEMBANGAN TEKNISPELAKSANAAN TUGAS:

  1. Memproses dan mendokumentasikan surat-surat/peraturanberkaitan dengan Kelembagaan dan Sistem Informasi
  2. Menyusun rencana kegiatan, menghimpun, mengolahdan menyajikan data berkaitan dengan Kelembagaan dan Sistem Informasi
  3. Sosialisasi dan implementasi peraturan, permen,surat edaran berkaitan dengan Kelembagaan dan dan Sistem Informasi
  4. Menginventarisir data Kelembagaan RA danmadrsah, KKG, MGMP madrasah
  5. Pelayanan pemberian ijin pendirian danpenegerian madrasah
  6. Mengkoordinasikan dengan instansi atau lembagaterkait dalam pelaksanaan kegiatan, pembinaan lomba perpustakaan, lomba UKS RAdan madrasah
  7. Mengkoordinasikan kegiatan Akreditasi madrasahdengan instansi terkait
  8. Mengkoordinasikan kegiatan Peringatan Hari BesarIslam dan kegiatan sosial keagamaan di RA dan madrasah
  9. Mengkoordinasikan pembinaan, kegiatan danpenyaluran bantuan dana kegiatan ke PPM, PSBB, MP3A, KKG, K3M, MGMP danPokjawas
  10. Mengkoordinasikan usulan, kegiatan danpenyaluran bantuan dana kegiatan kelembagaan dan sistem infomasi di RA danmadrasah
  11. Menyelenggarakan dan atau menghadiri Workshop,seminar, diklat, rapat koordinasi berkaitan dengan Kelembagaan danKetatalaksanaan di madrasah dan sekolah
  12. Mengkoordinasikan Kegitan Forum Komunikasi WakaHumas
  13. Melaksanakan Supervisi dan Evaluasi kegiatanKelembagaan dan Sistem informasi
  14. Memberikan usul dan sarana Kepala Bidangberkaitan dengan tugas

f.         Kelompok Jabatan Fungsional.

 

================================

INFORMASI BIDANG DIKMAD

Informasi dan Pengumuman Penting Bidang Pendidikan Madrasah

Silahkan Klik Link-nya

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.051906 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 1126475
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.