Rabu, 25 April 2012
BIDANG URUSAN AGAMA ISLAM (URAIS)

Tugas Pokok

Sesuai dengan KMA Nomor 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata kerja Kantor Wilayah Kementerian Agama dan Kankemenag Kabupaten/Kota, tugas pokok Bidang Urusan Agama Islam adalah melaksanakan pelayanan dan bimbingan di Bidang Urusan Agama Islam. Sedangkan dalam melaksanakan tugasnya Bidang Urusan Agama Islam menyelenggarakan fungs penjabaran dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kepenghuluan, pengembangan keluarga sakinah, prduk halal, ibadah sosial, dan pengembangan kemitraan umat Islam, serta penyiapan bahan pelayanan dan bimbingan di Bidang Urusan Agama Islam.

Bidang Urusan Agama Islam terdiri dari:1. Seksi Kepenghuluan. Mempunyai tugas melakukan pelayanan dan bimbingan di bidang nikah, rujuk dan pemberdayaan Kantor Urusan Agama.2. Seksi Pengembangan Keluarga Sakinah. Mempunyai tugas melakukan pelayanan dan bimbingan di bidang pengembangan keluarga sakinah, dan pemberdayaan keluarga terbelakang.3. Seksi Produk Halal. Mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan serta perlindungan konsumen di bidang produk halal.4. Seksi Bina Ibadah Sosial. Mempunyai tugas melakukan pelayanan dan bimbingan di bidang pemberdayaan masyarakat dhuafa dan bantuan sosial keagamaan5. Seksi Pengembangan Kemitraan Umat Islam. Mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan dan prakarsa di bidang Ukhuwah Islamiyah, jalinan kemitraan dan pemecahan masalah umat.

Dalam Rapat Kerja Tahun 2012 dirumuskan beberapa agenda yang akan dilakukan rangka meningkatkan pelayanan dan bimbingan di bidang urusan agama Islam, yakni:• Mengoptimalkan pendidikan pra nikah bagi remaja dan menggalakkan kursus calon pengantin (suscatin).• Menghimbau kepada Kankemenag Kabupaten/Kota untuk menerbitkan SK Pengangkatan P3N baru pada Desa/kelurahan yagn telah habis masa kerjanya.• Meningkatkan pelayanan pengukuran arah kiblat serta pengusulan anggaran pengukuran arah kiblat masjid dalam DIPA.• Pengusulan pembebasan tanah hak milik perorangan untuk lokasi pembangunan gedung KUA yang sekarang masih menempati tanah kas desa yang tidak bisa dibebaskan. Kegiatan Strategis Tahun 20121. Pelaksanaan Ru’yatul Hilal Awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah2. Pengadaan Al-Qur’an, Iqra, Khutbah Hari Raya dan Khutbah Nikah3. Pengadaan Buku Panduan Ibadah Praktis4. Bantuan kepada Panti Asuhan dan Panti Jompo5. Bantuan kepada Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS)6. Bantuan kepada Petugas Pembantu Pencatat Nikah (P3N)7. Pelayanan Sertifikasi Arah Kiblat8. Pembinaan Tatacara Penyembelihan Hewan Secara Halal9. Pembinaan Kelompok Usaha Fakir Miskin10. Pembinaan Pra Nikah Bagi Remaja Usia Nikah11. Pembinaan Produk Makanan Halal12. Pembinaan Kepenghuluan13. Pelatihan Teknis Penentuan dan Pengukuran Arah Kiblat14. Pencetakan Brosur Cara Praktis Penentuan Arah Kiblat15. Pemilihan Keluargas Sakinah Teladan Tingkat Provinsi16. Pemilihan KUA Percontohan Tingkat Provinsi17. Workshop Peningkatan Mutu Petugas Pembantu Pencatat Nikah (P3N)18. Workshop Peningkatan Profesionalisme Penghulu19. Workhsop Motivator Keluarga Sakinah

Secara keseluruhan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 78 kecamatan yang tersebar di 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya, dan untuk Kantor Urusan Agama (KUA) sudah berdiri di seluruh kecamatan yang ada. Sedangkan jumlah penghulu yang bertugas di KUA secara keseluruhan berjumlah 163 orang terdiri dari 77 penghulu merangkap kepala KUA dan 86 penghulu fungsional. Sedangkan untuk Petugas Pembantu Pencatat Nikah (P3N) berjumlah 438 yang tersebar di 438 desa/kelurahan se-Provinsi D.I. Yogyakarta. Kabupaten Sleman yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sebanding dengan tingginya peristiwa nikah yang mencapai 7.601 peristiwa nikah dan 317 peristiwa cerai. Hal yang menarik terjadi di Kabupaten Bantul, dengan jumlah peristiwa nikah mencapai 7.523 kejadian, hanya tercatat 1 peristiwa cerai. Namun patut dicatat bahwa rendahnya angka cerai dan talak yang terjadi, terkadang disebabkan terlambatnya laporan dari pihak Pengadilan Agama ke Kementerian Agama.

INFORMASI BIDANG URAIS

Silahkan Klik Link-nya

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.021782 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 747183
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.